free html hit counter 20 Makanan Khas Sumatera Utara Harus Dicoba

20 Makanan Khas Sumatera Utara Harus Dicoba


Sumatera Utara yaitu nama provinsi dengan banyak kota besar di dalamnya, termasuk diantaranya Medan yang juga merangkap sebagai ibukota provinsi Sumut. Karena mayoritas penduduk Sumatera Utara yaitu keturunan suku Batak, sehingga kebanyakan makanan khasnya dijadikan dan diberi pengaruh oleh orang-orang Batak. Ciri khas utama masakan dari tempat dengan hari jadi tanggal 15 April 1948 ini yaitu mengaplikasikan buah andaliman yang memiliki rasa pedas getir. Kecuali itu, olahan dari ikan dan daging tetap mendominasi, dan lazimnya memiliki kuah.

Karena adanya andaliman, rasa dari berjenis-jenis panganan Sumatera Utara berasa sedap dan berbeda dari olahan tempat lain. Inilah 20 makanan khas Sumatera Utara yang dapat dinikmati oleh para wisatawan.

1. Anyang Pakis
Dilema pembuatannya sangatlah mudah, karena rempah-rempah seperti daun jeruk dan teman-temannya di atas akan dihaluskan kemudian akan disangrai bersama parutan kelapa dan pakis tadi. Tetapi sebelum dimasukkan ke dalam wajan berisi kelapa parut dan bumbu halus, pakis harus dikukus terutamanya dahulu. Bila berharap memperkaya menu isiannya, dapat juga dengan ditambahkannya tauge, daun pepaya, hingga kacang panjang bersama pakis yang juga harus dikukus dahulu.
2. Bika Ambon
Nama bika ambon yang disematkan pada makanan tempat Sumatera Utara ini dikarenaken dia yaitu olahan bika yang sedikit dimodifikasi dengan jalan Ambon sebagai tempat pertama kali dijual dan dibuatnya makanan ini. Jalan Ambon sendiri bukanlah jalan di kota Ambon-nya Maluku, melainkan ada sendiri di Medan.
3. Lemang
Lemang yaitu makanan khas Sumatera Utara yang dikatakan dijadikan oleh bangsa Melayu, sehingga tersebar luas di Indonesia, Singapura, Malaysia, bahkan Brunei Darussalam. Di Indonesia, terutamanya Sumatera Utara yaitu salah satu wilayah yang paling diketahui sebagai tempat termudah mendapatkannya, bahkan salah satu kotanya bernama kota Tebing Tinggi punya julukan ‘Kota Lemang‘.
4. Bihun Bebek
Pada satu mangkuknya, bihun bebek yang juga diketahui dengan nama bihun bebek kumango ini terdapat suwiran daging bebek yang melimpah bercampur kuahnya yan super sedap. Belum lagi rasa bihunnya yang khas menjadikannya tak ada duanya di dunia ini.
5. Soto Udang
Terdapat cerita unik dibalik ditemukannya soto udang, karena olahan soto ini ditemukan secara tak sengaja oleh para penjual soto. Mulanya soto daging sapi yaitu yang pertama dijadikan dan dijual, melainkan kalangan Buddha dan Hindu di sana tak berharap mengonsumsi daging sapi. Sebagai gantinya daging ayam menjadi pilihan, melainkan rupanya lambat laun diberikan tambahan udang di dalam satu porsinya supaya rasanya kian sedap. Sekarang soto udang diberi tahu dengan suwiran ayam bakar dengan rasa kuah yang gurih dan ada bebauan ayam bakar yang tercium harum.
6. Sayur Gurih Tauco
Sayur ini memiliki kuah dari santan kemudian di dalam air ada udang dan daging sapi yang dibumbui dengan bumbu tauco. Karena adanya tauco, membuatnya berbeda dari kebanyakan sayur gurih
7. Kari
Kari bukanlah olahan dari Asia Tenggara, melainkan dari Asia Selatan tepatnya dari India dan sekarang telah meluas ke Indonesia. Tetapi karena telah lama masuk Indonesia, terjadi pergantian bumbu-bumbu, sehingga kari akan terasa Indonesia banget.
8. Kue Putu Bambu
anganan ini dijadikan dengan tepung beras kemudian diisi dengan gula merah dengan bebauan pandan yang benar-benar khas. Rasanya sendiri benar-benar lembut dan legit dikala masuk ke mulut, serta gula merahnya yang manis akan lumer di mulut.
9. Bubur Pedas
Masyarakat Medan akan menciptakan bubur pedas sebagai salah satu menu buka puasa harus, bahkan di sebagian masjid besar di tempat Medan pengurus masjid telah menyediakan makanan ini. Sama halnya dengan bubur kebanyakan, bahan utama untuk membuatnya yaitu beras yang kemudian diberikan dengan daging dan sayur. Lalu adanya rempah-rempah yang cukup banyak, tak terkecuali cabai membuatnya memiliki rasa pedas, melainkan lembut di mulut.
10. Naniura
Bila di Jepang ada yang namanya sashimi, yaitu ikan mentah yang dapat langsung dimakan yang lazimnya diberikan penyedap rasa berupa kecap asin, wasabi, dan parutan jahe. Meski di Sumatera Utara terutamanya tempat Tapanuli, ada makanan yang mirip makanan asal Jepang hal yang demikian dengan nama naniura. Naniura yaitu makanan dari ikan mas yang diasami, sedangkan yang membuatnya mirip sashimi yaitu karena ikan hal yang demikian tak dimasak sama sekali.
11. Arsik
12. Natinombur
13. Manuk Napinadar
14. Saksang
15. Kolak Durian
16. Daun Singkong Tumbuk
17. Sate Kerang
18. Saus Tuktuk
19. Dali ni Horbo
20. Mie Gomak

Itulah 20 makanan khas Sumatera Utara yang dapat kau nikmati dikala berkungjung ke Sumatra Utara. Sesungguhnya masih banyak lagi, melainkan supaya daftarnya tak terlalu panjang karenanya cukup 20 saja yang kami cantumkan.

log in

reset password

Back to
log in