free html hit counter 5 Rekomendasi Makanan Khas Kota Solo

5 Rekomendasi Makanan Khas Kota Solo


5 Rekomendasi Makanan Khas Kota Solo

Mencicipi makanan khas kota Solo ialah kekuatan tarik utama dan salah satu aktivitas harus yang harus kau lakukan dikala tamasya ke Kota Batik ini.

Variatifnya makanan khas Solo ini seakan menutupi minimnya spot tamasya asyik di kota, yang juga acap kali disebut sebagai Surakarta itu. Ya, di Solo, destinasi tamasya yang ditawarkan tidak semenarik seperti di Yogyakarta, Semarang dan bahkan Klaten dan Karanganyar sekalipun, yang ialah ‘kota tetangga’ dari Solo.
Sekiranya ada agenda untuk berlibur masakan di Solo, 12 daerah ini dapat menjadi saran yang ideal untuk kau merasakan cita rasa dan makanan khas Solo.

1. Nasi Liwet

Makanan khas Solo yang satu ini memiliki reputasinya tersendiri. Nasi putih yang dipersembahkan dalam pincuk daun pisang bersama dengan sayur labu siam, suwiran ayam dan telur rebus ditambah sedikit santan kental gurih yang disebut areh ini akan membawa kau ke dunia yang berbeda.

Salah satu penyaji nasi liwet yang ikonik di Kota Solo ialah Nasi Liwet Wongso Lemu. Harganya memang sedikit lebih mahal dibandingi penjual nasi liwet Solo lainnya, tapi rasanya memang memiliki ciri khas tersendiri.
Nasi Liwet Bu Wongso Lemu
Lokasi: Jl. Teuku Umar, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Harga: Mulai dari 19,000 IDR per porsi

2. Serabi Solo

Serabi memang sudah membuka cabang di segala Indonesia, tapi seandainya kau berharap mencoba yang orisinil, silakan seketika mampir ke Solo. Notosuman sudah melayani pelanggannya semenjak 1920-an, dan mereka berhasil bertahan karena mempertahankan cita rasanya yang manis, lembut dengan santan yang terasa kuat di mulut. Sekiranya membelinya seketika di Notosuman, kau juga dapat menerima bonus melihat seketika pembuatan serabi dengan teknik yang menjaga kearifan lokal. Oh iya, untuk mendapatkannya, kau harus mengantre karena peminatnya sangat banyak. Yang tabah, ya!

Serabi Notosuman
Lokasi: Jalan Muhammad Yamin No.28, Jayengan, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Harga: Mulai dari 1,800 IDR per buah

3. Selat Solo

Selat solo ialah hidangan khas Jawa dengan akibat dari Eropa dan ialah makanan khas Solo. Untuk menikmatinya, kau dapat menuju ke Toko Selat Mbak Lies.
Letaknya tersembunyi dan interior warungnya juga unik. Bayangkan rasa yang kau dapat kala merasakan seporsi sup lengkap dengan wortel, tomat dan buncis, ditambah acar bawang goreng, potongan kentang goreng, irisan telur pindang dan sayur mayones, plus potongan daging bistik. Penasaran seperti apa rasanya, well, kau harus mencobanya seketika.

Toko Selat Mbak Lies
Lokasi: Jalan Pejuang, Gang II No. 42, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Harga: Mulai dari 16,000 IDR per porsi

4. Timlo

Makan timlo di Solo ialah keharusan. Untuk menerima yang terbaik, silakan berkunjung ke Toko Timlo Solo Sastro di kawasan Pasar Gede. Kuliner soto dengan citarasa sup ini menawarkan kesejukan dalam setiap-setiap suapan.
Untuk menerima kesan mendalam, materi soto di dalamnya harus kau cicipi, seperti mie soun, suwiran ayam, potongan sosis Solo, wortel dan irisan telur masak kecap. Tambahkan irisan hati ayam dan telur dadar untuk melengkapi hidangan sebelum kemudian disiram kuah kaldu panas yang menyegarkan. Dengan ditambah bawang goreng sebagai penambah rasa, timlo Solo bakal memuaskan nafsu makan kau.

Toko Timlo Solo Sastro
Lokasi: Jalan Kapten Mulyadi No.8, Sudiroprajan, Jebres, Sudiroprajan, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Harga: Mulai dari 7,000 IDR per porsi untuk paket hemat sampai 18,000 IDR untuk paket lengkap

5. Sate Buntel

Konon kabarnya presiden kedua Indonesia, Soeharto, sangat suka Makanan Khas Kota Solo. Bapak Joko Widodo bahkan juga termasuk salah satu penggemarnya. Sekiranya dua orang paling berdampak di tanah air itu saja menyukainya, mengapa kau tidak mencobanya.

Sate yang terbuat dari daging kambing cacah yang kemudian dibungkus dengan lapisan lemak tipis dan kemudian dibakar, memang memberikan nuansa tersendiri bagi penikmatnya. Lemak pembungkus yang terbakar menambah aroma, yang mengundang kau untuk seketika menikmatinya. Dengan bumbu kecap, irisan bawang merah dan daun kol, serta jeruk nipis dan cabai rawit sebagai tambahan, kau akan mengenal alasan mengapa Soeharto dan pak Jokowi seperti itu suka Sate Buntel ini.
Nikmati lezatnya sate buntel di Sate Buntel Mbok Galak seandainya sedang berkunjung ke Solo!

Sate Buntel Mbok Galak
Lokasi: Jl. Ki Mangun Sarkoro No.112, Sumber, Banjarsari, Banyuanyar, Sumber, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Harga: Mulai dari 35,000 IDR per porsi dengan dua tusuk sate buntel

log in

reset password

Back to
log in