free html hit counter AWS Storage Gateway

AWS Storage Gateway


AWS Storage Gateway menghubungkan peralatan perangkat lunak di lokasi dengan penyimpanan berbasis cloud untuk menyediakan integrasi yang mulus dengan fitur keamanan data antara lingkungan TI di lokasi Anda dan infrastruktur penyimpanan AWS. Anda dapat menggunakan layanan untuk menyimpan data di AWS Cloud untuk penyimpanan yang dapat diskalakan dan hemat biaya yang membantu menjaga keamanan data.

AWS Storage Gateway menawarkan solusi penyimpanan berbasis file, berbasis volume, dan berbasis tape:

File Gateway – File gateway mendukung antarmuka file ke Amazon Simple Storage Service (Amazon S3) dan menggabungkan layanan dan peralatan perangkat lunak virtual. Dengan menggunakan kombinasi ini, Anda dapat menyimpan dan mengambil objek di Amazon S3 menggunakan protokol file standar industri seperti Network File System (NFS) dan Server Message Block (SMB). Alat perangkat lunak, atau gateway, diterapkan ke lingkungan lokal Anda sebagai mesin virtual (VM) yang berjalan pada VMware ESXi, Microsoft Hyper-V, atau hypervisor Mesin Virtual (KVM) berbasis kernel Linux. Gateway menyediakan akses ke objek di S3 sebagai file atau titik pemasangan berbagi file. Dengan file gateway, Anda dapat melakukan hal berikut:

  • Anda dapat menyimpan dan mengambil file secara langsung menggunakan protokol NFS versi 3 atau 4.1.
  • Anda dapat menyimpan dan mengambil file secara langsung menggunakan protokol sistem file SMB versi 2 dan 3.
  • Anda dapat mengakses data Anda secara langsung di Amazon S3 dari aplikasi atau layanan AWS Cloud Platform Indonesia apa pun.
  • Anda dapat mengelola data Amazon S3 Anda menggunakan kebijakan siklus hidup, replikasi lintas wilayah, dan pembuatan versi. Anda dapat menganggap file gateway sebagai mount sistem file di S3.

File gateway menyederhanakan penyimpanan file di Amazon S3, terintegrasi ke aplikasi yang sudah ada melalui protokol sistem file standar industri, dan menyediakan alternatif hemat biaya untuk penyimpanan lokal. Ini juga menyediakan akses latensi rendah ke data melalui cache lokal yang transparan. File gateway mengelola transfer data ke dan dari AWS, menyangga aplikasi dari kemacetan jaringan, mengoptimalkan dan mengalirkan data secara paralel, dan mengelola konsumsi bandwidth. Gerbang file terintegrasi dengan layanan AWS, misalnya dengan yang berikut ini:

  • Manajemen akses umum menggunakan AWS Identity and Access Management (IAM)
  • Enkripsi menggunakan AWS Key Management Service (AWS KMS)
  • Memantau menggunakan Amazon CloudWatch (CloudWatch)
  • Audit menggunakan AWS CloudTrail (CloudTrail)
  • Operasi menggunakan AWS Management Console dan AWS Command Line Interface (AWS CLI)
  • Penagihan dan manajemen biaya

Volume Gateway – Volume gateway menyediakan volume penyimpanan yang didukung cloud yang dapat Anda pasang sebagai perangkat Internet Small Computer System Interface (iSCSI) dari server aplikasi lokal Anda.

Gateway volume diterapkan ke lingkungan lokal Anda sebagai VM yang berjalan pada VMware ESXi, KVM, atau hypervisor Microsoft Hyper-V.

Gateway mendukung konfigurasi volume berikut:

Volume cache – Anda menyimpan data Anda di Amazon Simple Storage Service (Amazon S3) dan menyimpan salinan subset data yang sering diakses secara lokal. Volume cache menawarkan penghematan biaya yang substansial pada penyimpanan utama dan meminimalkan kebutuhan untuk menskalakan penyimpanan Anda di lokasi. Anda juga mempertahankan akses latensi rendah ke data yang sering Anda akses.

Volume yang disimpan – Jika Anda memerlukan akses latensi rendah ke seluruh set data, pertama-tama konfigurasikan gateway lokal Anda untuk menyimpan semua data Anda secara lokal. Kemudian secara asinkron mencadangkan snapshot point-in-time dari data ini ke Amazon S3. Konfigurasi ini menyediakan cadangan luar situs yang tahan lama dan murah yang dapat Anda pulihkan ke pusat data lokal atau Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2). Misalnya, jika Anda memerlukan kapasitas pengganti untuk pemulihan bencana, Anda dapat memulihkan cadangan ke Amazon EC2.

Tape Gateway – Gateway tape menyediakan penyimpanan tape virtual yang didukung cloud. Pita gateway disebarkan ke lingkungan lokal Anda sebagai VM yang berjalan pada VMware ESXi, KVM, atau hypervisor Microsoft Hyper-V.

Dengan tape gateway, Anda dapat mengarsipkan data cadangan dengan hemat biaya dan tahan lama di GLACIER atau DEEP_ARCHIVE. Gateway pita menyediakan infrastruktur pita virtual yang menyesuaikan skala secara mulus dengan kebutuhan bisnis Anda dan menghilangkan beban operasional dalam penyediaan, penskalaan, dan pemeliharaan infrastruktur pita fisik.

Anda dapat menjalankan AWS Storage Gateway baik di lokasi sebagai peralatan VM, sebagai peralatan perangkat keras, atau di AWS sebagai instans Amazon EC2. Anda menerapkan gateway Anda pada instans EC2 untuk menyediakan volume penyimpanan iSCSI di AWS. Anda dapat menggunakan gateway yang dihosting pada instans EC2 untuk pemulihan bencana, pencerminan data, dan menyediakan penyimpanan untuk aplikasi yang dihosting di Amazon EC2.

Apakah Anda Pengguna AWS Storage Gateway Pertama Kali?

Dalam dokumentasi berikut, Anda dapat menemukan bagian Persiapan yang mencakup informasi pengaturan yang umum untuk semua gateway dan juga bagian pengaturan khusus gateway. Bagian Memulai menunjukkan kepada Anda cara menerapkan, mengaktifkan, dan mengkonfigurasi penyimpanan untuk gateway. Bagian manajemen menunjukkan cara mengelola gateway dan sumber daya Anda:

Membuat gateway file memberikan instruksi tentang cara membuat dan menggunakan gateway file. Ini menunjukkan kepada Anda cara membuat berbagi file, memetakan drive Anda ke ember Amazon S3, dan mengunggah file dan folder ke Amazon S3.

Membuat Volume Gateway menjelaskan cara membuat dan menggunakan gateway volume. Ini menunjukkan kepada Anda cara membuat volume penyimpanan dan mencadangkan data ke volume.

Membuat Tape Gateway memberikan instruksi tentang cara membuat dan menggunakan tape gateway. Ini menunjukkan kepada Anda bagaimana mencadangkan data ke kaset virtual dan mengarsipkan kaset.

Mengelola Gateway Anda menjelaskan cara melakukan tugas manajemen untuk semua jenis dan sumber daya gateway.

Dalam panduan ini, Anda terutama dapat menemukan cara bekerja dengan operasi gateway dengan menggunakan AWS Management Console. Jika Anda ingin melakukan operasi ini secara terprogram, lihat Referensi API AWS Storage Gateway.

Harga AWS Storage Gateway

Untuk informasi terkini tentang harga, lihat Harga di halaman detail AWS Storage Gateway.

Rencanakan Penerapan Gerbang Penyimpanan Anda

Dengan menggunakan peralatan perangkat lunak AWS Storage Gateway, Anda dapat menghubungkan infrastruktur aplikasi di lokasi Anda yang sudah ada dengan penyimpanan cloud AWS yang dapat diskalakan dan hemat biaya yang menyediakan fitur keamanan data.

Untuk menerapkan Storage Gateway, Anda harus terlebih dahulu memutuskan dua hal berikut:

Solusi penyimpanan Anda – Pilih dari salah satu solusi penyimpanan berikut:

File Gateway – Anda dapat menggunakan gateway file untuk menyerap file ke Amazon S3 untuk digunakan oleh beban kerja berbasis objek dan untuk penyimpanan hemat biaya untuk aplikasi pencadangan tradisional. Anda juga dapat menggunakannya untuk meningkatkan penyimpanan file lokal ke S3. Anda dapat menyimpan dan mengambil objek lokal Anda dengan hemat biaya dan tahan lama di Amazon S3 menggunakan protokol file standar industri.

Volume Gateway – Dengan menggunakan gateway volume, Anda dapat membuat volume penyimpanan di AWS Cloud. Aplikasi lokal Anda dapat mengaksesnya sebagai target Internet Small Computer System Interface (iSCSI). Ada dua opsi — volume yang di-cache dan disimpan.

Dengan volume yang disimpan dalam cache, Anda menyimpan data volume di AWS, dengan sebagian kecil dari data yang baru-baru ini diakses di cache di lokasi. Pendekatan ini memungkinkan akses latensi rendah ke kumpulan data Anda yang sering diakses. Ini juga menyediakan akses tanpa batas ke seluruh set data Anda yang disimpan di AWS. Dengan menggunakan volume yang disimpan dalam cache, Anda dapat menskalakan sumber daya penyimpanan Anda tanpa harus menyediakan perangkat keras tambahan.

Dengan volume yang disimpan, Anda menyimpan seluruh kumpulan data volume di lokasi dan menyimpan cadangan titik-waktu (snapshot) berkala di AWS. Dalam model ini, penyimpanan lokal Anda adalah yang utama, memberikan akses latensi rendah ke seluruh kumpulan data Anda. Penyimpanan AWS adalah cadangan yang dapat Anda pulihkan jika terjadi bencana di pusat data Anda.

Untuk gambaran arsitektur gateway volume, lihat Arsitektur Volume Cache dan Arsitektur Volume Tersimpan.

Tape Gateway – Jika Anda mencari alternatif offsite yang hemat biaya, tahan lama, dan berjangka panjang, untuk pengarsipan data, gunakan tape gateway. Dengan antarmuka perpustakaan pita virtual (VTL), Anda dapat menggunakan infrastruktur perangkat lunak cadangan berbasis pita yang ada untuk menyimpan data pada kartrid pita virtual yang Anda buat. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Aplikasi cadangan pihak ketiga yang didukung untuk Tape Gateway. Saat Anda mengarsipkan kaset, Anda tidak perlu khawatir tentang mengelola kaset di tempat Anda dan mengatur pengiriman kaset di luar lokasi. Untuk gambaran arsitektur, lihat Tape Gateways.

Opsi hosting – Anda dapat menjalankan Storage Gateway baik di lokasi sebagai peralatan VM, atau sebagai peralatan perangkat keras atau di AWS sebagai instans Amazon EC2. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Persyaratan. Jika pusat data Anda offline dan Anda tidak memiliki host yang tersedia, Anda dapat menerapkan gateway pada instans EC2. Storage Gateway menyediakan Amazon Machine Image (AMI) yang berisi image VM gateway.

Selain itu, saat Anda mengonfigurasi host untuk menerapkan peralatan perangkat lunak gateway, Anda perlu mengalokasikan penyimpanan yang cukup untuk VM gateway.

Sebelum Anda melanjutkan ke langkah berikutnya, pastikan Anda telah melakukan hal berikut:

Untuk gateway yang diterapkan di lokasi, Anda memilih jenis host VM dan menyiapkannya. Pilihan Anda adalah VMware ESXi Hypervisor, Microsoft Hyper-V, dan Mesin Virtual berbasis Kernel Linux (KVM). Jika Anda menerapkan gateway di belakang firewall, pastikan bahwa port dapat diakses oleh VM gateway. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Persyaratan.

Untuk gateway pita, Anda telah menginstal perangkat lunak pencadangan klien. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Aplikasi cadangan pihak ketiga yang didukung untuk Tape Gateway.


log in

reset password

Back to
log in