free html hit counter Cara Membaca Mikrometer Sekrup

Cara Membaca Mikrometer Sekrup


cara membaca mikrometer sekrup
cara membaca mikrometer sekrup

cara membaca mikrometer sekrup – Pengertian Alat Ukur Mikrometer Sekrup ialah keliru satu Alat Ukur yang sanggup digunakan untuk mengukur Panjang suatu Benda dan mengukur Tebal sebuah benda serta mengukur Diameter Luar sebuah benda dengan tingkat ketelitian mencapai 0.01 mm (10-5 m). Untuk lebih mengerti mengerti mikrometer sekrup disini bakal dijabarkan pengertian, sejarah, anggota – anggota mikrometer sekrup, fungsi, dan cara membaca mikrometer sekrup. Mikrometer Sekrup ini ditemukan pada abad ke-17 oleh seorang ilmuan bernama Willaim Gascoigne dimana kala itu sangat dibutuhkannya sebuah alat yang lebih baik dan lebih persisi tak hanya dari jangka sorong.

Cara Membaca Mikrometer Sekrup Dengan Mudah

Pada kala awal ditemukan digunakan untuk mengukur benda – benda di luar angkasa dari teleskop dan mengukur jarak sudut di antara bintang – bintang. Walaupun mikrometer sekrup ini punyai kata mikro, tetapi alat ini tidak sanggup digunakan untuk menghitung suatu benda yang skala mikrometer. Kata mikro di mikrometer sekup ini didapat dari bahasa yunani yakni micros yang berarti kecil , jadi bukan yang skalanya mikro 10-6
Tetapi wajib kalian ketahui sebagai Pelajar maupun Masyarakat Umum bahwa Fungsi Alat Ukur Mikrometer ini sebenarnya mempunyai kesamaan dengan Fungsi Alat Ukur Jangka Sorong dalam menghitung suatu panjang, tebal dan diameter sebuah benda, cuma saja tingkat ketelitian Alat Ukur Mikrometer lebih tinggi sepuluh kali lipat daripada Jangka Sorong dikarenakan Jangka Sorong punyai tingkat ketelitian sebesar 0.1 dan Ketelitian Alat Ukur Mikrometer mencapai 0.01 supaya kesimpulannya Micrometer lebih baik daripada Jangka Sorong.

Bagian – Bagian Mikrometer Sekrup Lengkap

Sedangkan untuk Bagian Alat Ukur Mikrometer sendiri sanggup dikatakan dibagi jadi Tujuh dan Ketujuh Bagian – Bagian Mikrometer Sekrup tersebut sanggup kamu lihat dari gambar mikrometer sekrup di bawah ini serta penjelasan lengkap dari masing – masing bagian:

Frame (Rangka)

Bagian Bingkai atau sering disebut terhitung Bagian Frame Mikrometer yang bersifat layaknya Huruf C ataupun Huruf U dan terbuat dari Bahan Logam yang tahan panas dan Tebal serta Kuat dikarenakan mempunyai tujuan supaya sanggup meminimalkan terjadinya peregangan yang sanggup menganggu sistem pengukuran sebuah benda.

Anvil (Poros Tetap)

Yang ke dua ialah Bagian Poros Tetap Mikrometer yang mempunyai Fungsi untuk penahan sebuah benda kala bakal diukur mengfungsikan Alat Ukur Mikrometer ini.

Spindel (Poros Gerak)

Bagian Mikrometer Yang Ketiga ialah Poros Gerak yang merupakan sebuah Silinder yang sanggup digerakan menuju Poros Tetap Mikrometer.

Lock Nut (Pengunci)

Lalu Bagian Mikrometer Sekrup ke Empat ialah Pengunci (LOCK) yang punyai manfaat untuk menghindar Poros Gerak supaya tak bergerak kala sistem pengukuran sebuah benda

Sleeve (Skala Utama)

Bagian Ke Lima disebut terhitung dengan Sleeve yang merupakan tempat terletaknya Skala Utama dalam satuan Milimeter (mm).

Thimbel (Skala Putar)

Bagian Mikrometer ke Enam ialah Thimble yang merupakan tempat Skala Nonius (Skala Putar) Mikrometer berada

Ratchet Knob

Lalu untuk Bagian Mikrometer yang paling akhir atau ke Tujuh ialah Ratchet Knop yang bermanfaat untuk memutar Spindle (Poros Gerak) sesaat ujung Poros Gerak tersebut udah dekat dengan benda yang bakal diukur serta digunakan untuk mengencangkan Poros Gerak (Spindle) tersebut sampai terdengar bunyi suara supaya untuk menegaskan bahwa Ujung Poros Gerak udah melekat dengan sempurna dengan benda yang bakal diukur maka Ratchet Knob tersebut diputar sebanyak Dua atau Tiga putaran.

Kegunaan dan Fungsi Mikrometer Sekrup

Adapun untuk Fungsi Alat Ukur ini yang benar ialah untuk mengukur Panjang sebuah benda, mengukur diameter luar benda dan mengukur ketebalan suatu benda yang mempunyai ukuran yang memadai kecil layaknya benda lempeng baja, aluminium, diameter suatu kabel, kawat, lebar suatu kertas maupun benda – benda yg lainnya.

Lalu Kegunaan Alat Ukur Mikrometer Sekrup untuk mengukur Panjang, Tebal dan Diameter suatu benda dengan tingkat ketelitian mencapai 0.01 mm yang merupakan tingkat ketelitian yang lebih tinggi sepuluh kali lipat dibandingkan dengan Alat Ukur Jangka Sorong dikarenakan Jangka Sorong cuma punyai tingkat ketelitian lebih kurang 0.1 mm saja.

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup

Kemudian di dalam Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup sendiri sangatlah ringan dan tersebut ini Lima Langkah Cara Memakai Alat Ukur yang sanggup kalian pelajari sebelum akan mengfungsikan alat ini, yakni :

Pertama ialah pastikan pengunci alat ukur mikrometer dalam situasi terbuka
Kedua melakukan kontrol apakah poros tetap mikrometer dan poros ganti mikrometer kala bertemu dengan skala dan skala nonius utama mikrometer membuktikan angka nol.
Lalu yang ketiga ialah membuka rahang alat ukur mikrometer dengan cara menjalankan pemutar ke arah kiri sampai benda yang bakal diukur sanggup masuk ke dalam rahang.
Keempat ialah menempatkan benda yang bakal diukur di antara poros tetap dan poros ganti selanjutnya tutup ulang rahang sampai tepat menjepit benda yang bakal diukur.
Kelima ialah putarlah pengunci mikrometer supaya pemutar tidak sanggup bergerak ulang setelah itu ukur atau hitunglah nilai panjang, tebal, lebar ataupun diameter suatu benda yang diukur mengfungsikan alat ukur mikrometer sekrup.

Cara Membaca Mikrometer Sekrup

Untuk membaca nilai pada mikrometer sekrup ada 2 anggota yang wajib diperhatikan yakni skala utama dan skala nonius. Untuk lihat ke dua anggota tersebut sanggup diamati dari sleve untuk skala utama dan thimble untuk lihat skala nonius.
Seperti kami tahu, mikrometer sekrup terdiri dari 2 skala, yakni skala utama (terletak pada poros geser) dan skala nonius atau skala putar (terletak pada pemutar). Masing-masing skala ini punyai manfaat berbeda.

Skala utama punyai angka-angka yang mewakili satuan milimeter (mm), dan dibagian sedang antar angka-angka tersebut terkandung titik tengah. Pada semisal gambar di atas misalnya, skala utama menunjukan angka 5,5 mm.

Skala nonius punyai angka-angka yang mewakili skala mikrometer (0,01 mm). Skalanya sendiri ada 50 buah garis dalam satu putaran penuh. Adapun terkecuali skala nonius diputar penuh, poros ganti kebanyakan bakal berubah sebanyak 0,5 mm. Sehingga tiap tiap garis pada skala nonius mewakili ketebalan 0,5 mm dibagi 59 garis = 0,01 mm.

Cara Kalibrasi Micrometer Sekrup

Kalibrasi yang dilaksanakan untuk menyeting skala utama pada sleeve supaya membuktikan hasil pengukuran yang akurat sanggup dilaksanakan dengan cara layaknya berikut.

Putar ratchet sampai spindel berhasil menyentuh anvil. Saat spindel menyentuh anvil maka bakal keluar bunyi pada ratchet (ingat jangan memutar anggota trimble).
Aktifkan lock nut supaya spindel tidak sanggup bergerak.
Lihat hasil pengukuran. Jika pada skala membuktikan 0,00 mm (garis 0 pada skala nonius lurus dengan garis skala utama) maka itu berarti mikrometer sekrup udah akurat. Akan tetapi, terkecuali garis pada skala masih melenceng, itu berarti setingan belum akurat.
Kalibrasi terhitung sanggup dilaksanakan dengan memutar skala utama dengan mengfungsikan bantuan kunci mikrometer sekrup yang bentuknya layaknya kunci pas. Caranya dengan melacak lubang kecil pada skala utama selanjutnya masukkan kunci mikrometer dan putar kunci tersebut sampai garis pada skala utama lurus dengan garis nol pada skala nonius.

Cara Pengukuran Benda

Apabila situasi mikrometer udah akurat maka kami sanggup langsung mengfungsikan mikrometer sekrup untuk melakukan pengukuran. Tapi sebelumnya, pastikan type mikrometer sekrup udah sesuai dengan ukuran benda yang bakal diukur. Apabila benda yang bakal diukur mencapai panjang 25 mm maka gunakanlah mikrometer yang berukuran 0-25 mm. Apabila benda yang bakal diukur mencapai panjang 25-50 mm maka gunakanlah mikrometer yang berukuran 25-50 mm. Jika type mikrometer yang digunakan udah sesuai dengan ukuran benda maka seterusnya adalah melakukan pengukuran.

Putar trimble berlawanan arah jarum jam maka spindle bakal bergerak hindari anvil
Letakkan benda yang bakal diukur di antara anvil dan spindle
Putar ratchet searah jarum jam, maka spindle bakal bergerak dan menjepit benda yang bakal diukur
Jika spindle udah mentok menjepit benda maka bakal terdengar bunyi tik pada ratchet saat memutarnya
Putar lock nut untuk mengunci spindle
Lalu lihat dan baca hasil pengukuran.


log in

reset password

Back to
log in