free html hit counter Bagaimana Cara Menggunakan VPN di PC

Bagaimana Cara Menggunakan VPN di PC


Cara Menggunakan VPN di PC
Sumber : https://pixabay.com/

Cara Menggunakan VPN di PC – VPN adalah kependekan dari Virtual Private Network dan merupakan teknologi yang menciptakan koneksi aman terenkripsi melalui jaringan yang kurang aman seperti Internet. Manfaatnya adalah ia memberikan keamanan yang tidak dapat disediakan oleh jaringan yang menjadi basisnya. Ini menggunakan internet untuk mengangkut data. Banyak jaringan semacam itu dapat dibuat dengan menggunakan sistem berbeda yang menggabungkan enkripsi dan mekanisme keamanan lainnya untuk memastikan bahwa hanya pengguna yang berwenang yang dapat mengakses jaringan dan informasi tidak dapat disadap oleh yang lain. Ini seperti terowongan yang dibangun untuk mengirimkan data antara jaringan, katakanlah organisasi dan pengguna jarak jauh. Itu menyembunyikan data dan alamat IP Anda.

VPN memperluas jaringan pribadi melintasi jaringan publik dan terlalu mungkin pengguna untuk mengirim dan terima knowledge melalui jaringan bersama atau publik seolah-olah perangkat komputasi mereka membuka langsung ke jaringan pribadi. Oleh sebab itu, aplikasi yang berlangsung melintasi VPN mampu beroleh fungsi dari fungsionalitas, keamanan, dan pengelolaan jaringan pribadi. Enkripsi adalah anggota yang umum, kendati bukan inheren, dari koneksi VPN.

Teknologi VPN dikembangkan untuk sediakan akses ke aplikasi dan sumber energi perusahaan untuk pengguna jarak jauh atau seluler, dan ke kantor cabang. Untuk keamanan, koneksi jaringan pribadi mampu dibikin memanfaatkan protokol tunneling berlapis terenkripsi, dan pengguna mungkin diminta untuk melalui berbagai metode otentikasi untuk beroleh akses ke VPN. Dalam aplikasi lain, pengguna Internet mampu mengamankan koneksi mereka bersama VPN untuk menjauhi pemblokiran geografis dan sensor atau untuk membuka ke server proxy untuk merawat identitas pribadi dan wilayah supaya selamanya anonim di Internet. Namun, lebih dari satu website website memblokir akses ke teknologi VPN yang dikenal untuk menghambat pengelakan pembatasan geografis mereka, dan banyak penyedia VPN udah mengembangkan strategi untuk mengatasi blokade ini.

VPN dibuat dengan membuat koneksi point-to-point virtual melalui penggunaan sirkuit khusus atau dengan protokol tunneling melalui jaringan yang ada. VPN yang tersedia dari Internet publik dapat memberikan beberapa manfaat dari jaringan area luas (WAN). Dari perspektif pengguna, sumber daya yang tersedia dalam jaringan pribadi dapat diakses dari jarak jauh.

VPN for PC

Virtual Private Network memungkinkan Anda menggunakan internet untuk terhubung ke mesin sambil memastikan bahwa koneksi bersifat pribadi. VPN for PC terbaik sangat nyaman, tetapi tidak perlu jika Anda ingin klien jarak jauh terhubung ke server Linux atau Unix Anda. Banyak orang yang khawatir tentang koneksi cepat mungkin bertanya “seberapa cepat VPN bisa bekerja?” Jawaban paling sederhana adalah itu; VPN bisa bekerja secepat jenis koneksi lain dan bisa lebih cepat jika ada koneksi internet cepat di kedua ujung jaringan. Sebenarnya server VPN bisa secepat koneksi internet lainnya walaupun ada beberapa hal yang harus Anda lakukan agar kecepatan internet VPN lebih cepat.

Jika VPN Anda dapat mengizinkan Anda untuk memilih ukuran kunci otentikasi, maka, Anda harus memilih ukuran kunci otentikasi yang lebih kecil untuk mempercepat koneksi VPN Anda. Ini untuk klien perangkat lunak VPN dan Tunnelblick terbuka. Biasanya Open VPN membuat saluran data terenkripsi 128 bit dan saluran kontrol terenkripsi 256 bit. Sebagian besar penyedia VPN memungkinkan Anda untuk menurunkan saluran kontrol ke 128 bit sehingga koneksi mengurangi waktu koneksi secara signifikan. Mengganti nama host VPN Anda dengan alamat IP server, juga dapat mempercepat kecepatan koneksi VPN Anda. Selain itu, menjalankan VPN Anda secara langsung di komputer CPU yang lebih cepat akan menurunkan waktu koneksi dan oleh karena itu membuat kecepatan VPN Anda menjadi lebih cepat, daripada menjalankan VPN di router.

Mempertahankan koneksi yang stabil juga sangat penting dalam menentukan seberapa cepat VPN dapat digunakan. Selalu disarankan untuk memilih server VPN dengan jumlah kehilangan paket data paling sedikit dan jika memungkinkan 0%. Pengaturan firewall Anda harus dilakukan dengan cara yang memungkinkan VPN Anda mengalir tanpa batas. Meskipun firewall mungkin tidak membatasi VPN Anda, firewall mungkin memperlambat kecepatan CPU saat memeriksa semua paket jaringan. Penting juga untuk menggunakan penyedia internet yang baik untuk menjaga koneksi yang stabil.

Saat mencoba mencari server cepat untuk VPN Anda, Anda perlu mengetahui negara tempat server tersebut berada. Jarak antara negara Anda dan negara server sangat penting. Semakin jauh jaraknya, semakin lambat kecepatan koneksinya. Hal ini disebabkan oleh waktu paket data melakukan perjalanan bolak-balik dari VPN Anda ke server. Anda dapat menggunakan perintah ping untuk memeriksa kecepatan antara komputer Anda dan server. Perintah ping menganalisis berapa lama informasi yang dibutuhkan untuk mencapai server. Di sistem operasi Windows, klik jalankan untuk masuk ke kotak perintah DOS dan ketik kata ping diikuti dengan alamat IP VPN Anda dan tekan tombol enter. Ini akan menunjukkan kepada Anda berapa milidetik yang dibutuhkan data untuk mencapai server VPN Anda. Dengan melakukan ini, Anda dapat memilih di antara beberapa server yang tersedia untuk Anda dan memilih server dengan waktu koneksi paling sedikit. Anda juga harus memilih server yang paling dekat dengan Anda.

Cara Menggunakan VPN di PC Windows 10

Kecepatan VPN adalah hal penting untuk dipertimbangkan, dan mungkin juga menjadi faktor penentu bagi banyak orang saat memutuskan apakah mereka harus menggunakan VPN atau tidak. Kecepatan sangat penting dalam hal Internet. Bahkan jika VPN memberikan keamanan online yang ditingkatkan dan dapat membantu menyiasati konten yang diblokir, jika layanannya lambat, keseluruhan pengalaman akan jauh dari ideal.

Berikut ini adalah cara menggunakan VPN di PC Windows 10 dan beberapa faktor yang memengaruhi kecepatan VPN, dan bagaimana hal itu dapat dimitigasinya.

1) Lokasi Server VPN

Biasanya, membuat koneksi dengan server VPN yang lebih dekat ke lokasi Anda akan menghasilkan kecepatan yang lebih baik. Ini karena kerumitan lalu lintas Internet meningkat seiring bertambahnya jarak antara Anda dan server VPN. Semakin kompleks lalu lintas, dan semakin besar jarak yang harus ditempuh data, semakin lambat kecepatan VPN.

Jika Anda tidak memiliki alasan yang tepat untuk menghubungkan ke lokasi VPN tertentu, memilih yang paling dekat dengan Anda adalah pilihan terbaik. Misalnya, jika Anda tinggal di Texas dan ingin masuk ke server VPN AS, gunakan server di Houston atau Dallas, bukan di New York. Demikian pula, jika Anda berada di Cina dan membutuhkan server VPN AS, temukan satu yang tersedia di Pantai Barat daripada di suatu tempat di timur.

2) Protokol VPN

Protokol yang berbeda dapat digunakan untuk membuat koneksi VPN. Beberapa yang lebih populer termasuk OpenVPN (melalui UDP atau TCP), SSTP, PPTP dan L2TP / IPSec. Semuanya sama, setiap protokol dapat menghasilkan kecepatan VPN yang sangat berbeda. Misalnya, menggunakan OpenVPN melalui UDP biasanya menghasilkan koneksi yang lebih cepat daripada OpenVPN melalui TCP.

Tidak ada aturan yang ditetapkan tentang protokol mana yang akan memberi Anda kecepatan terbaik. OpenVPN melalui UDP adalah default yang bagus untuk dicoba. Jika Anda mengalami masalah, coba beralih ke protokol lain untuk melihat apakah kecepatan VPN Anda meningkat.

3) Tingkat Enkripsi

Enkripsi yang lebih kuat sering kali lebih rumit dan akibatnya dapat memperlambat VPN. Enkripsi 128-bit dalam banyak kasus akan menghasilkan koneksi yang lebih cepat daripada yang 256-bit.

Sisi negatifnya, menurunkan kekuatan enkripsi akan membuat koneksi VPN menjadi kurang aman dan data yang dikirimkan lebih rentan. Jadi, Anda dapat mencoba bermain-main dengan tingkat enkripsi, tetapi kecuali Anda melihat peningkatan kecepatan yang signifikan dengan enkripsi yang lebih lemah, yang terbaik adalah tetap menggunakan versi yang lebih kuat.

4) Beban dan Bandwidth Server VPN

Seberapa kuat server VPN akan berdampak signifikan pada kecepatan. Server yang kelebihan beban dengan bandwidth yang tidak dapat memenuhi permintaan akan menghasilkan pengalaman yang jauh lebih lambat.

Perangkat lunak klien yang Anda gunakan untuk menyambung ke layanan VPN biasanya akan memberi tahu Anda berapa banyak alamat IP dan berapa banyak bandwidth yang dimiliki server. Semakin tinggi angkanya, semakin kuat servernya. Klien yang sama terkadang bahkan menunjukkan penggunaan waktu nyata. Jika server tempat Anda terhubung kelebihan beban, beralih ke server lain biasanya sesederhana beberapa klik mouse.

5) Pengaturan Jaringan Anda

Apakah perangkat Anda berada di jaringan kabel dan secara fisik terhubung ke router atau menggunakan WiFi dapat memengaruhi kecepatan VPN. Perbedaan ini sangat relevan jika Anda memiliki hubungan yang cepat dengan dunia luar. Karena koneksi kabel seringkali lebih cepat daripada WiFi, yang terakhir bisa menjadi faktor pembatas. Anda dapat mencoba menghubungkan komputer Anda langsung ke perute untuk melihat apakah ada peningkatan kecepatan.

Pada akhirnya, tidak semua penyedia VPN diciptakan sama. Bahkan dalam kondisi ideal, kecepatan dan keandalan yang ditawarkan mungkin berbeda secara drastis. Jika Anda telah mencoba menerapkan beberapa metode yang disebutkan dalam artikel ini tetapi masih tidak melihat peningkatan kecepatan, mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan beralih penyedia VPN.

log in

reset password

Back to
log in