free html hit counter Contoh Makanan Khas Medan Sumatera Utara

Contoh Makanan Khas Medan Sumatera Utara


Indonesia terdiri dari beraneka tipe suku bangsa. Bila kita memandang ke arah barat tepatnya di Sumatera Utara yang terdiri dari beraneka suku. Keberagaman suku inilah salah satu yang berdonasi keberagaman tipe makanan di Sumatera Utara. Sumatera Utara familiar dengan keajaiban pesona alam yang mempesona hati pelancong, salah satunya hamparan danau toba yang indah yang memberi kepuasan tersendiri bagi pelancong, kecuali itu dunia kuliner tanah batak betul-betul familiar. Berikut beberapa makanan khas Medan Sumatera Utara

1. Sambal Tuktuk
Makanan khas Medan Sumatera Utara yang pertama yaitu Sambel Tuktuk. Bahan utama sambel tuktuk pada lazimnya tidak berbeda dengan sambel lainnya, yaitu terdiri dari cabai, tomat, bawang merah. Hal yang membedakan sambel tuktuk ini yaitu bahan tambahan berupa ikan aso-aso. Ikan aso-aso yaitu sejenis ikan begah yang telah dikeringkan atau dikenal dengan ikan asin. Untuk menambah sensasi aroma yang unik karenanya ikan aso-aso sebelum digiling terpenting dahulu dibakar sedikit hingga bebauannya keluar. Sesudah itu siap untuk dihaluskan bersama bumbu yang lain. Sambel tuktuk ini akan lebih terasa sensasinya dikala dinikmati bersama daun pepaya rebus.

2. Dengke Mas na Niura
Arti dari Dengke Mas na Niura dalam bahasa batak yaitu ikan mas yang tidak dimasak. Ikan Dengke Mas na Niura cuma dikenalkan dengan bumbu lengkap tanpa adanya pengerjaan pemasakan. Awalnya makanan ini cuma dimakan para raja, tetapi karena makanan ini sedap masyarakat batak ikut memasak dan menikmati Dengke Mas na Niura ini. Bumbu lengkap yang memberi rasa lezat pada kuliner ini yaitu terdiri dari asam jungga, kecombrang, kunyit, jahe, lengkuas, ketumbar, kemiri, cabe rawit, serai, bawang merah, bawang putih, garam. Namun meski tanpa pengerjaan pemasakan ikan Dengke Mas na Niura tidak mengeluarkan bau anyir hal ini disebabkan perendaman dengan mengaplikasikan asam jungga selama 2 jam. Kecuali itu Dengke Mas na Niura dikenalkan tanpa duri, sehingga memudahkan para penggemarnya menikmati makanan ini.

3. Mie Gomak
Makanan khas Medan Sumatera Utara selanjutnya yaitu Mie Gomak. Gomak artinya dalam bahasa batak yaitu menggenggam. Asal usulan sebutan mie gomak yaitu dari sistem penyediaan mie yang digomak-gomak yaitu digenggam gunakan tangan. Mie gomak ini juga disebut dengan spagheti ala batak. Bahan utam mie gomak yaitu mie lidi. Mie gomak dikenalkan dalam dua versi yaitu mie gomak kuah dan mie gomak goreng. Bumbu untuk membuat mie gomak yaitu cabe, bawang merah, bawang putih, tomat, kemiri, merica, garam, dan udang ebi. Untuk mie gomak kuah ditambahkan kuah kuning berisi sayuran, lazimnya mengaplikasikan labu siam atau sawi.

log in

reset password

Back to
log in