free html hit counter Daftar Makanan Khas Medan, Sumatera Utara yang Terkenal dan Enak

Daftar Makanan Khas Medan, Sumatera Utara yang Terkenal dan Enak


Daftar Makanan Khas Medan, Sumatera Utara yang Terkenal dan Enak

Makanan Khas Medan – Berlokasi di Sumatera Utara, Medan ialah sebuah kota yang telah ada semenjak tahun 1590. Hingga kini, Kota Medan sudah menjadi di antara kota terpadat yang terdapat di Indonesia.

Pasti sobat tiket telah tahu bila Medan paling terkenal dengan Danau Toba sebagai tujuan wisatanya. Tapi tahukah sobat tiket bila Medan pun adalahkota yang familiar sebagai surga kuliner?

Kuliner Medan yang Wajib Kamu Coba

Kenapa Medan dapat jadi surga kuliner? Salah satu alasannya ialah itu tadi, banyaknya warga di kota ini, yang mayoritas berasal dari etnis bertolak belakang seperti Minang, Batak, Sunda, dan China, sampai-sampai menghasilkan sejumlah makanan khas Medan yang paling terkenal.

Bahkan, dapat dibilang bahwa Kota Medan ialah salah satu tujuan wisata kuliner terbaik di Asia Tenggara. Nah, sobat tiket udah penasaran sama makanan apa saja yang dapat kamu cicipi di Medan? Simak lebih lanjut ya.

1. Bika Ambon

Bika Ambon ialah kue khas Medan sekaligus menjadi opsi oleh-oleh yang paling populer dari kota ini. Makanan ini tercipta dari tepung sagu, tapioka, telur, gula, ragi, dan santan. Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang enak pasti buat kamu ketagihan.

Banyak orang yang mengira bahwa Bika Ambon ini berasal dari Kota Ambon yang terdapat di Maluku. Namun nyatanya kue ini menjadi makanan khas Medan yang paling terkenal dan tak boleh dilewatkan.

2. Lemang

Lemang ialah makanan yang sejatinya berasal dari Kota Tebing Tinggi, dan dapat ditempuh selama tidak cukup lebih dua jam dari Medan. Tapi anda tak akan kendala menemukan makanan yang satu ini di Kota Medan.

Lemang Medan dimasak dengan teknik yang terbilang lumayan unik yaitu dengan dihanguskan di atas bara sampai matang. Tampilannya memang dapat membuat orang lapar. Jadi tidak boleh lupa menyantap makanan yang satu ini bila kamu berangjangsana ke Kota Medan.

3. Rujak Kolam

Rujak Kolam Medan pun wajib anda cicipi. Di tengah panasnya terik matahari di Kota Medan, santap rujak ialah salah satu teknik yang nikmat guna menyegarkan pulang semangatmu. Disebut Rujak Kolam sebab makanan ini tidak sedikit dijajakan dekat dengan Kolam Deli di Medan.

Hampir serupa dengan rujak pada umumnya, makanan khas Medan yang satu ini ialah kombinasi antara potongan buah dengan bumbu rujak. Bedanya, kacang pada bumbu Rujak Kolam tidak diulek sampai halus, sampai-sampai masih terasa tekstur kacangnya saat dimakan.

4. Durian Medan

Durian Medan memang bukan kuliner dalam format masakan. Namun buah yang satu ini paling terkenal bahkan sampai di semua pelosok Indonesia. Durian Medan terkenal sebab dagingnya yang tebal dan rasanya yang paling lezat.

Meskipun dapat kamu temukan di kota tempat anda tinggal, namun merasakan makanan ini bakal lebih afdol bila langsung di kota asalnya. Tiga lokasi untuk melakukan pembelian buah ini antara lain ialah Ucok Durian, Durian Pelawi, dan Durian Si Bolang.

5. Bakso Lembu Medan

Makanan khas Medan selanjutnya ialah Bakso Lembu. Tidak jauh bertolak belakang dengan bakso pada umumnya, melulu saja daging yang diubah untuk dijadikan bakso ini ialah daging lembu. Rasanya juga tidak kalah lezat dengan bakso sapi.

Bakso ialah salah satu makanan kesayangan di Indonesia. Nah, bila kamu sedang berangjangsana ke Medan, tidak boleh lupa guna menyempatkan menyantap bakso dengan karakteristik Kota Medan ini. Rasanya nagih banget.

6. Lontong Medan

Makanan khas Medan yang sesuai dijadikan menu sarapan untuk mengawali hari ialah Lontong Medan. Menu ini terdiri dari lontong, sambal teri kacang, tauco, mie, bumbu kacang, kuah sayur, dan pastinya kerupuk yang melengkapi.

Tak jarang kamu pun akan mengejar penjual Lontong Medan yang menambahkan sejumlah lauk laksana telur dan perkedel. Kamu tak akan kendala menemukan tempat santap yang memasarkan menu ini di Medan.

7. Mie Gomak

Mie Gomak tidak jarang sekali disinggung sebagai spaghetti khas tanah Batak. Tak heran memang karena format mienya yang lumayan tebal dan teksturnya yang kenyal saat dimakan. Ukurannya juga lebih panjang dari pasta.

Di samping kamu dapat memakan Mie Gomak secara langsung, kamu dapat juga menikmatinya dengan ekstra kuah lontong atau bumbu kacang. Mie Gomak yang spesial dapat kamu cicipi di pasar Balige.

8. Soto Medan

Di samping bakso, Medan pun punya soto yang menemukan sentuhan khas kota ini. Rasa Soto Medan pun tidak kalah dengan soto-soto yang terdapat di wilayah lain di Indonesia. Ciri khas makanan ini ialah kuahnya yang berwarna kuning kehijauan dengan ekstra santan.

Di samping itu, makanan khas Medan yang satu ini juga diubah dengan memakai pilihan daging yang variatif, mulai dari daging sapi, ayam, sampai udang. Bagi menyempurnakan kelezatannya, tidak boleh lupa santap Soto Medan dengan perkedel dan rempeyek udang.

9. Bihun Bebek

Kalau anda suka santap daging bebek, maka anda wajib banget untuk menyantap Bihun Bebek Medan. Menu ini memakai bihun sebagai bahan utamanya dengan topping irisan daging bebek yang gurih.

Kelezatan makanan khas Medan ini terdapat pada daging bebeknya yang dimasak dengan trik khusus, yaitu direbus perlahan dengan ekstra bumbu yang tak melulu membuatnya terasa lezat, namun pun sangat harum.

log in

reset password

Back to
log in