free html hit counter Daur Hidup Hewan Yang Perlu Kalian Tahu

Daur Hidup Hewan Yang Perlu Kalian Tahu


daur hidup hewan
daur hidup hewan

daur hidup hewan – Seluruh makhluk hidup yang ada di dunia ini tentu bakal mengalami yang namanya daur hidup. Daur hidup hewan adalah suatu sistem perubahan wujud tubuh yang di alami oleh makhluk hidup sepanjang hidupnya.

Daur hidup hewan di terasa dengan menetasnya telur sampai jadi dewasa bergantung dari hewan tersebut type apa. Semua hewan tentu mempunyai tahapan daur hidup yang tentu berbeda-beda.

Daur hidup hewan mempunyai 2 wujud yang di dasarkan pada wujud tubuhnya, yaitu dengan metamorfosis atau daur hidup hewan tanpa metamorfosis. Untuk lebih lengkapnya silakan review penjelasan di bawah ini ya sobat ilmunik.

Pengertian Daur Hidup

Daur hidup hewan merupakan, suatu sistem pada kala hewan atau makhluk hidup lainnya mengalami perubahan wujud sepanjang hidupnya. Proses daur hidup hewan ini bakal dimulai dengan tahapan telur sampai jadi dewasa.
Pada dasarnya, tiap tiap makhluk hidup tentu bakal mengalami sebuah daur hidup, namun tidak seutuhnya sama. Daur hidup hewan atau siklus daur hidup terhitung sering dinamakan dengan sistem metamorfosis. Jika di dasarkan dari perubahan wujud tubuh yang dialami oleh bermacam hewan, pada lain adalah sebagai berikut:

Daur Hidup Hewan Dengan Metamorfosis

Metamorfosis adalah sistem perubahan wujud hewan secara bertahap disaat sesudah kelahiran sampai dewasa. Metamorfosis sendiri dibedakan jadi dua macam, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

Metamorfosis Sempurna

Metamorfosis yang sempurna adalah sebuah perubahan wujud yang melalui 4 bagian yang dimulai dari telur-larva-pupa-imago (dewasa). Untuk penjelasannya sebagai tersebut :

Telur adalah suatu hal yang dihasilkan oleh induk hewan untuk melanjutkan kelangsungan hidup atau menaikkan populasinya.
Larva adalah wujud muda dari hewan yang berkembang biaknya dengan cara metamorfosis yang yang dimulai sesudah telur menetas.
Pupa (kepompong) adalah suatu bagian berpuasa pada larva dan dewasa.
Nimfa adalah wujud hewan muda yang serupa dengan hewan yang telah tumbuh dewasa. Tetapi ukurannya lebih kecil dan terkandung sebagian organ tubuh yang tetap belum tumbuh.
Imago (dewasa) adalah bagian akhir dari sistem metamorfosis, di mana dalam bagian ini hewan tersebut telah mempunyai alat reproduksi sempurna dan telah siap untuk laksanakan sistem perkawinan.
Contoh Metamorfosis Sempurna
Terdapat banyak hewan-hewan yang mempunyai daur hidup dengan cara metamorfosis sempurna. Berikut ini sebagian hewan-hewan yang melalui sistem metamorfosis sempurna :

Daur Hidup Katak

Daur hidup katak adalah sistem metamorfosis sempurna yang dimulai dari perubahan larva jadi dewasa. Daur hidup hewan katak di terasa dari telur. Telur katak bakal menetaskan kecebong atau sering terhitung disebut dengan berudu di dalam air.

Kecebong mempunyai alat pernafasan berwujud insang, dan juga mempunyai mulut dan ekor, agar dapat untuk memudahkan disaat berenang di dalam air. Kecebong bakal tumbuh untuk bermetamorfosis. Proses metamorfosis seterusnya adalah di terasa dari perkembangan kaki belakang dan di lanjutkan dengan kaki anggota depan.

Bagian paru-paru terhitung bakal berkembang, lantas kecebong bakal terasa berenang di permukaan air untuk bernafas. Pada anggota tubuh kayak, ekor bakal terserap oleh tubuh utama sebagai bagian akhir dari sistem metamorfosis.

Urutan daur hidup hewan katak adalah : telur-kecebong (berudu)-katak berekor-katak muda-katak dewasa.

Daur Hidup Kupu-Kupu
Metamorfosis sempurna kupu-kupu betina di awali dengan bertelur di permukaan daun. Lalu telur bakal menetas jadi ulat atau larva. Ulat bakal memakan bermacam daun tumbuhan.

Ketika telah beroleh memadai makanan, ulat bakal tumbuh dan berkembang jadi kepompong (pupa) . Kemudian, kepompong yang telah memadai kala berubah jadi kupu-kupu. Kupu-kupu disaat telah dewasa bakal bertelur, demikianlah seterusnya.

Urutan daur hidup kupu-kupu adalah: telur – ulat (larva) – kepompong – kupu muda – kupu dewasa.

Daur Hidup Nyamuk

Metamorfosis sempurna nyamuk di awali dengan betina bertelur dalam di air, lantas telur bakal menetas jadi jentik-jentik atau larva tingkat I. Jenis larva tingkat I bakal tumbuh dan berkembang jadi larva tingkat II (pupa).

Untuk bagian selanjutnya, dari pupa ini bakal keluar nyamuk. Pada daur hidup nyamuk dari telur sampai jadi pupa, seutuhnya terjadi di dalam air. Nyamuk terhitung mengalami bagian kepompong, agar nyamuk dikelompokkan dalam hewan yang mengalami metamorfosis
sempurna.
Urutan daur hidup nyamuk adalah : telur – larva – pupa – nyamuk muda – nyamuk dewasa.

Daur Hidup Lalat

Lalat merupakan hewan yang puas hidup di daerah yang tergolong kotor. Lalat bakal berkembang biak dan juga melacak makan di daerah sampah, feses dan tempat-tempat kotor lainnya.

Hal ini disebabkan sebab lalat merupakan serangga, maka lalat berkembang biak dengan cara bertelur. Lalat bakal letakkan telurnya di daerah sampah, kotoran atau daerah yang mempunyai sumber makanan.

Ketika telur lalat yang telah menetas bakal berubah jadi larva atau belatung. Tempat yang paling disukai oleh belatung ialah daging atau buah busuk. Belatung yang menyimpan banyak cadangan makanan bakal tumbuh jadi pupa dan juga memulai sistem metamorfosis jadi seekor lalat dewasa.

Urutan untuk daur hidup lalat adalah : telur – larva – pupa – lalat dewasa.

Metamorfosis Tidak Sempurna

Metamorfis tidak sempurna adalah sistem metamorfosis yang melalui 3 tahapan, yaitu dari telur bakal jadi nimfa (larva), lantas bakal jadi hewan dewasa. Hewan-hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna wujud hewan muda serupa dengan induknya. Tetapi terkandung bagian-bagian tubuh yang belum terbentuk, andaikan sayap.

Metamorfosis tidak sempurna bisanya terjadi pada serangga seperti, capung, kecoa, jangkrik dan terhitung belalang.

Contoh Metamorfosis Tidak Sempurna
Sama seperti hewan yang laksanakan metamorfosis sempurna, type hewan yang terhitung terhitung banyak, Berikut ini hewan-hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna.

Daur Hidup Capung

Hewan capung betina umumnya letakkan telurnya pada tumbuhan yang hidup di air. Untuk telur capung diselimuti dengan lendir. Telurnya bakal berubah jadi wujud larva sesudah dua hari sampai satu minggu.

Larva lantas bakal jadi nimfa yang hidup di air. Lalu, nimfa adalah salah satu predator yang memangsa anak ikan terhitung berudu. Setelah lepas dari bagian nimfa, capung bakal keluar dari kulit nimfa.

Kemudian capung dalam wujud muda tersebut hidup di daratan jadi hewan yang sempurna dan dewasa. Metamorfosis capung tidak lewat bagian kepompong, agar hewan ini dikategorikan mengalami metamorfosis tidak sempurna.

Urutan daur hidup capung adalah : telur – nimfa – capung muda – capung dewasa.

Daur Hidup Belalang

Ketika belalang bertelur bakal memakan kala 3-4 hari sampai semua telur dikeluarkan. Umumnya belalang betina letakkan telurnya pada tanah atau tumbuhan tertentu. Lalu, telur yang menetas lantas jadi nimfa yaitu belalang muda tak bersayap namun mempunyai wujud tubuh yang serupa dengan induknya.

Proses nimfa pada umumnya terjadi sepanjang 25-40 hari. Kemudian nimfa bakal mengalami perubahan kulit paling akhir agar membuahkan belalang dewasa yang bersayap.

Urutan daur hidup belalang adalah : telur – nimfa – belang muda – belalang dewasa.

Daur Hidup Kecoa

Proses daur hidup kecoa (lipas) dimulai disaat kecoa betina bertelur dalam kuantitas banyak yang di tempatkan di permukaan tanah atau pada tumpukan sampah. Kemudian telur menetas jadi anak kecoa yang disebut nimfa.

Nimfa merupakan tahapan tubuh hewan muda. Tetapi, nimfa pada kecoa mempunyai wujud tubuh serupa dengan induknya, namun ukuran nimfa lebih kecil dan belum bersayap. Nimfa lantas bakal jadi kecoa dewasa. sebab pada daur hidup kecoa tidak ada tahapan kepompong, maka daur hidup kecoa disebut mengalami metamorfosis tidak sempurna.

Urutan daur hidup kecoa adalah : telur – nimfa – kecoa muda – kecoa dewasa.

Daur Hidup Jangkrik

Pada jangkrik betina umumnya bakal letakkan telurnya di dalam pasir. Telur jangkrik bakal menetas berwujud anak jangkrik atau nimfa. Pada bagian nimfa terjadi perubahan kulit sebanyak 6-8 kali. Setelah jangkrik pindah kulit yang terakhir, nimfa bakal jadi jangkrik dewasa.

Urutan daur hidup jangkrik adalah : telur – nimfa – jangrik dewasa.

Daur hidup hewan

Banyak terhitung hewan yang dalam daur hidupnya tidak mengalami sistem metamorfosis. Contoh dai hewan yang tidak mengalami metamorfosis tersebut pada lain ayam dan kucing.

Hewan type ini terhitung tidak kalah banyak seperti hewan yang mengalami metamorfosis. Berikut ini hewan-hewan tersebut:

Daur Hidup Kucing

Kucing terhitung salah satu hewan yang daur hidupnya tidak mengalami metamorfosis. Kucing berkembang biak dengan cara beranak. Kucing dewasa bakal mengalami jaman memiliki kandungan sekitar 3 bulan, dan juga bakal lahirlah anak kucing. Anak kucing umumnya mempunyai rambut yang serupa dengan induknya.

Tetapi, ada terhitung anak kucing yang mempunyai rambut berlainan dengan induknya. Sejak lahir sampai dewasa, tubuh kucing tidak berubah bentuknya hanya mengalami perkembangan dan gerakannya yang tambah lincah.

Daur Hidup Ayam

Ayam terhitung terhitung salah satu type unggas yang dipelihara manusia. Ayam umumnya berkembang biak dengan cara bertelur. Jika telur ayam dierami, telur-telur tersebut bakal menetas mengeluarkan anak ayam.

Anak ayam bakal menetas dan juga berkembang jadi ayam dewasa. Anak ayam yang baru menetas mempunyai wujud badan yang kecil serupa dengan induknya. Sejak telur menetas sampai dewasa, tubuh ayam tidak berubah bentuknya hanya ukuran tubuhnya saja yang tambah besar dan warna bulunya yang tambah jelas.

Seluruh makhluk hidup tentu bakal mengalami daur hidup. Adapun Daur hidup sendiri merupakan suatu sistem perubahan wujud tubuh yang dialami makhluk hidup sepanjang hidupnya. Untuk lebih lengkapnya ulang simaklah pembahasan kita berkenaan Materi Daur Hidup Hewan di bawah ini.

Daur Hidup Hewan

Seluruh makhluk hidup tentu bakal mengalami daur hidup. Adapun Daur hidup sendiri merupakan suatu sistem perubahan wujud tubuh yang dialami makhluk hidup sepanjang hidupnya. Daur hidup hewan awali dengan tahapan telur sampai dewasa. Setiap hewan mempunyai tahapan daur hidup yang berbeda-beda. Berdasarkan perubahan wujud tubuhnya, daur hidup hewan dibedakan jadi 2 yaitu daur hidup dengan metamorfosis dan daur hidup tanpa metamorfosis.

1. Daur Hidup Dengan Metamorfosis

Metamorfosis merupakan perubahan wujud hewan secara bertahap sesudah kelahiran atau penetasan sampai dewasa. Metamorfosis dibedakan jadi 2 type yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Adapun penjelasannya sebagai tersebut :

Metamorfosis Sempurna
Metamorfosis sempurna adalah wujud metamorfosis yang lewat 4 tahap, yaitu dimulai dari telur-larva-pupa-imago (dewasa).

Telur merupakan suatu hal yang dihasilkan oleh induk hewan untuk melanjutkan kelangsungan populasinya.
Larva merupakan wujud muda hewan yang perkembangbiakannya melalui metamorfosis yang dimulai sesudah telur menetas.
Pupa atau kepompong merupakan bagian berpuasa pada larva dan dewasa.
Nimfa merupakan hewan muda yang serupa dengan hewan yang telah tumbuh dewasa namun ukurannya lebih kecil dan terkandung sebagian organ tubuh yang belum tumbuh.
Imago merupakan bagian akhir dari metamorfosis di mana dalam fase ini hewan tersebut telah mempunyai alat reproduksi sempurna dan telah siap untuk laksanakan sistem perkawinan.
Banyak sekalihewan yang mengalami metamorfosis sempurna yaitu seperti katak, nyamuk, kupu kupu dan lalat.

Daur Hidup Katak

Metamorfosis katak dimulai dari perubahan larva jadi dewasa. Daur hidup katak dimulai dari telur. Telur katak menetaskan kecebong atau di kenal dengan berudu dalam air. Kecebong mempunyai insang, mulut dan ekor agar dapat memudahkannya berenang dalam air. Kecebong bakal tumbuh, seterusnya bermetamorfosis. Metamorfosis dimulai dari perkembangan kaki belakang, dan seterusnya kaki depan.

Paru-paru berkembang lantas kecebong terasa berenang di permukaan air untuk bernapas. Pada anggota tubuh katak, ekor terserap oleh tubuh sebagai fase akhir dari metamorfosis.
Urutan daur hidup katak : telur – berudu/kecebong – katak berekor – katak muda – katak dewasa.

Metamorfosis Tidak Sempurna

Metamorfosis tidak sempurna adalah metamorfosis yang hanya lewat 3 tahapan, yaitu awali dari telur jadi nimfa atau larva, lantas jadi hewan dewasa. Hewan yang mengalami metamorfasis tidak sempurna wujud hewan muda serupa dengan induknya sendiri, Namun ada bagian-bagian tubuh yang belum terbentuk, andaikan sayap. Metamorfosis tidak sempurna terjadi pada serangga seperti capung, jangkrik, belalang dan kecoa.

Daur hidup jangrik

Jangkrik betina umumnya bakal letakkan telur telurnya di dalam pasir. Telur jangkrik menetas jadi nimfa atau anak jangrik. Pada fase ninfa terjadi perubahan kulit sebanyak 6 sd 8 kali. Setelah pindah kulit yang terakhir, nimfa bakal jadi jangkrik dewasa (Imago).
Urutan daur hidup jangkrik : telur – nimfa – jangrik dewasa.

Daur Hidup Tanpa Metamorfosis

Banyak hewan yang dalam daur hidupnya tidak mengalami metamorfosis. Contoh hewan tersebut pada lain ayam dan kucing. Adapun penjelasannya sebagai tersebut :

a. Daur Hidup Ayam

Daur Hidup Ayam
Ayam adalah salah satu type unggas yang banyak dipelihara oleh manusia. Ayam berkembang biak dengan cara bertelur. Apabila dierami, telur-telur ayam dapat menetas mengeluarkan anak ayam. Anak ayam bakal menetas dan berkembang jadi ayam dewasa. Anak ayam yang baru menetas mempunyai wujud kecil yang hampir serupa dengan induknya. Sejak lahir sampai dewasa tubuh ayam tidak berubah bentuknya hanya ukuran tubuhnya saja yang mengalami perubahan sebab bakal tambah besar dan warna bulunya yang tambah jelas.

b. Daur Hidup Kucing

Daur hidup kucing

Selain ayam, kucing terhitung hewan yang daur hidupnya tidak mengalami metamorfosis. Berbeda dengan ayam, kucing berkembang biak dengan cara beranak. Kucing dewasa mengalami jaman memiliki kandungan sekitar 3 bulan, lantas lahirlah anak kucing. Anak kucing umumnya mempunyai rambut yang serupa dengan induknya.

Namun ada terhitung anak kucing yang mempunyai rambut berlainan dengan induknya. Sejak lahir sampai dewasa, tubuh kucing tidak berubah bentuknya hanya mengalami perkembangan dan gerakannya yang tambah lincah. Selain ayam dan kucing, tetap banyak hewan yang tidak mengalami metamorfosis diantaranya kadal, kanguru, burung, ikan dan lainnya.

Selain kucing dan ayam, tetap banyak hewan yang tidak mengalami metamorfosis, seperti kadal, kanguru, burung, ikan dan lain-lain. Mungkin hanya ini sedikit pengetahuan yang dapat saya bagikan kepada kalian. Semoga dapat jadi tambahan pengetahuan bagi kalian.


log in

reset password

Back to
log in