free html hit counter Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal , Cari Tahu Yuk !

Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal , Cari Tahu Yuk !


doa untuk orang tua yang sudah meninggal
doa untuk orang tua yang sudah meninggal

doa untuk orang tua yang sudah meninggal – Orang tua adalah bapak atau ibu yang terikat dalam suatu perkawinan atau pernikahan yang sah dan membentuk suatu keluarga.
Dalam keluarga nantinya dapat terdapat ke-2 orang tua yaitu bapak dan ibu dan anak-anak mereka berasal dari hubungan biologis.

Kumpulan Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Tanggung jawab orang tua terlalu besar sekali terhadap anak-anaknya.
Mereka kudu merawat, mengajari, membiayai, mensekolahkan dan mendidik anaknya untuk jadi orang yang baik dan bertanggung jawab disaat dewasa nanti.
Mereka buat persiapan anaknya untuk siap bersosial dan bermasyarakat dan juga jadi generasi penerus keluarganya.

Bagi orang tua memiliki anak yang sholeh dan sholehah adalah dambaan dan harapannya. Karena bersama dengan memiliki anak yang sholeh dan sholehah mereka dapat didoakan oleh anaknya.
Karena memiliki anak sholeh dan sholehah dapat jadi bekal bagi orang tuanya agar beroleh amalan yang tidak dulu putus biarpun udah meninggal. Hal ini sesuai bersama dengan sabda Rasulullah berikut.
Rasulullah bersabda :

إِذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلا مِنْ ثَلاثٍ : صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya :

“Jika seseorang udah meninggal dunia maka terputuslah amalannya terkecuali 3 perkara, yaitu sedekah jariyah, pengetahuan yang berfungsi dan anak yang sholeh.” (HR. Muslim).

Dan bagi anaknya, bersama dengan berbakti kepada orang tua sejatinya merupakan akhlak yang kudu diutamakan bagi setiap manusia. Karena ridho orang tua sangatlah pentig membuat kesuksesan anaknya.
Mendoakan orang tua merupakan tanda bakti berasal dari seorang anak. Mendoakan orang tua dapat dilakukan disaat orang tua masih hidup atau pun disaat orang tua udah meninggal dunia.
Doa seorang anak sholeh merupakan amal jariyah yang dapat mengalir sampai disaat orang tua udah tiada. Adapun doa kepada orang tua ada berbagai macam. Simak penjelasan doa untuk orang tua lengkap berikut.

Islam mengajarkan kepada setiap anak untuk selalu berbakti kepada ke-2 orang tua. Berbakti kepada ke-2 orang tua bermakna tidak menyakiti hati orang tua dan selalu mematuhi perintahnya. Untuk membuat orang tua jadi bahagia, anak kudu berbakti kepada keduanya. Allah berfirman Allah dalam Surah Al Israa Ayat 23 :

وَ قَضٰی رَبُّکَ اَلَّا تَعۡبُدُوۡۤا اِلَّاۤ اِیَّاہُ وَ بِالۡوَالِدَیۡنِ اِحۡسَانًا ؕ اِمَّا یَبۡلُغَنَّ عِنۡدَکَ الۡکِبَرَ اَحَدُہُمَاۤ اَوۡ کِلٰہُمَا فَلَا تَقُلۡ لَّہُمَاۤ اُفٍّ وَّ لَا تَنۡہَرۡہُمَا وَ قُلۡ لَّہُمَا قَوۡلًا کَرِیۡمًا

Artinya :
“Dan Allah udah memerintahkan agar anda tidak menyembah selain Allah dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika tidak benar satu di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka janganlah sekali-kali anda menyebutkan kepada orang tuamu perkataan “ah” dan janganlah anda membentaknya, dan ucapkanlah kepada ke-2 orang tuamu perkataan yang sopan.”
Dalam surat tersebut, Allah memerintahkan kepada setiap manusia untuk berbakti kepada ke-2 orang tuanya.
Termasuk menjaga perasaan orang tua, dan tidak membentak ke-2 orang tua. Menjaga perasaan orang tua terhitung tidak boleh bicara “ah” disaat diperintah.
Dan janganlah memarahi atau mengeluarkan kata kasar kepada ke-2 orag tuamu. Bertutur katalah yang sopan dan baik kepadanya.

Anak yang selalu berbakti kepada ke-2 orang tua dapat beroleh jaminan surga. Begitu terhitung bersama dengan anak yang durhaka kepada ke-2 orang tua, neraka siap menantinya.
Selagi masih diberikan peluang hidup di dunia, marilah kita selalu berbakti kepada ke-2 orang tua.
Berbakti dapat dilakukan bersama dengan langkah mendoakannya dan menjaga mereka disaat udah renta bersama dengan penuh cinta dan kasih.

Terdapat berbagai macam type doa untuk orang tua. Mendoakan orang tua dapat dilakukan pas orang tua masih hidup, sampai orang tua udah tiada.
Dengan konsisten memanjatkan doa kepada orang tua, maka hal berikut dapat jadi bukti bakti kita sebagai seorang anak.

1. Doa Untuk Kedua Orang Tua yang Masih Hidup

Orang tua merupakan orang yang paling berjasa dalam kehidupan. Mereka berkenan siang dan malam menjaga anak-anaknya bersama dengan penuh kasih dan cinta.
Maka, udah kudu hukumnya bagi anak-anaknya untuk selalu memanjatkan doa untuk orang tuanya yang masih hidup.

Bacaan Doa Untuk Orang Tua yang Masih Hidup Arab
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

Bacaan Doa Untuk Orang Tua yang Masih Hidup Latin
“Allahumma Fighfirlii Wa Liwaa Lidhayya Warham Humaa Kamaa Rabbayaa Nii Shaghiraa”
Arti Bacaan Doa Untuk Orang Tua yang Masih Hidup
“Ya Allah, ampunilah seluruh dosa-dosaku dan dosa-dosa ke-2 orang tuaku, dan juga berbelaskasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada diriku di pas saya kecil.”

2. Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

Ketika orang tua udah meninggal dunia, kita selalu dapat menjalankan bakti kepada mereka.
Cara berbakti kepada orang tua yang udah meninggal adalah selalu mendoakan dan juga memohonkan ampun atas dosa-dosanya.
Anda dapat mndoakannya bersama dengan membaca surat Yasin atau doa tahlil setiap malam Jumat. Juga dapat memanjatkan doa untuk orang tua yang udah meninggal.
Berikut doa untuk orang tua yang udah meninggal yang dapat Anda bacakan.
Doa untuk orang tua ini dapat Anda panjatkan sesudah sholat wajib. Karena doa kepada orang tua ini sering dipanjatkan sebagai doa sesudah sholat wajib.
Bacaan Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal Arab
اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Bacaan Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal Latin

“Allahummaghfir Lahu Warhamhu Wa ‘Aafihi Aa’fu ‘anhu Wa Akrim Nuzulahu Wa Wassi’ Madkhalahu, Waghsilhu Bil Maa i Wats-tsalji Walbarodi Wa Naqqihii Minal khathaa Ya Kamaa Yunaqqats-Tsawbul Abyadhu Minad Danas.
Wa Abdilhu Daaran khairan Min Daarihii Wa Ahlan Khairan Min Ahlihii Wa Zawjan Khairan Min Zawjihi, Wa Adkhilhul Jannata Wa A ‘Idzhu Min ‘Adzaabil Qobri Wa Fitnatihi Wa Min ‘Adzaabin Naar.”

Arti Bacaan Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

“Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah ke-2 orang tuaku. Dan muliakanlah daerah tinggalnya, luaskanlah jalur masuknya, bersihkanlah ke-2 orang tuaku bersama dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah ke-2 orang tuaku berasal dari segala kekeliruan seperti busana putih yang bersih berasal dari kotoran.

Dan gantilah daerah tinggalnya bersama dengan daerah tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, berasal dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah ke-2 orang tuaku ke surga, dan lindungilah berasal dari siksanya kubur dan juga fitnahnya, dan siksa api neraka.”


log in

reset password

Back to
log in