free html hit counter Ikan Arwana , Ikan Primadona Bagi Kalangan Pecinta Ikan Predator

Ikan Arwana , Ikan Primadona Bagi Kalangan Pecinta Ikan Predator


ikan arwana
ikan arwana

ikan arwanaArwana adalah salah satu style ikan hias yang mempunyai nilai menjual yang tinggi. Akan tetapi, banyak orang sering kali curiga mobilisasi usaha ikan hias ini dikarenakan biaya produksinya yang tinggi pula.
Untuk mengawali usaha ini Anda memang harus mempunyai modal yang memadai untuk membiayai area budidaya, biaya membeli ikan ini, serta biaya untuk pemeliharaan ikan tersebut. Di samping itu, Anda juga harus mempunyai keterampilan dan teknik yang baik didalam proses pemeliharaannya.

Contents

Cara Budidaya Ikan Arwana

Meskipun tergolong sulit dan banyak orang tidak mengidamkan mobilisasi usaha ini, tapi jika Anda mempunyai dorongan yang tinggi dan ketekunan didalam mobilisasi usaha ini, dijamin hasil yang didapatkan besar.
Besarnya biaya memproduksi didalam budidaya ikan ini bakal terbalaskan lunas dikarenakan hasil dan keuntungan yang didapat dari budidaya ikan hias ini juga berlipat ganda.

Hal ini tidak terlepas dari harga ikan ini yang tetap tinggi dan lebih-lebih cenderung naik, serta banyak orang yang mengidamkan mempunyai ikan hias nan indah ini sebagai koleksi di tempat tinggal atau di perkantoran.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan didalam Bisnis Budidaya Ikan Arwana

Untuk mengawali budidaya ikan Arwana, Anda memerlukan aneka material yang sanggup menolong usaha budidaya Anda tersebut.

Berikut bakal dijelaskan sebagian bahan atau barang yang harus Anda persiapkan.

Bahan-bahan yang dijelaskan didalam artikel ini bakal menolong pula bagi Anda didalam menyebabkan pertimbangan, agar biaya memproduksi yang dikeluarkan sanggup ditekan.

1 Media untuk Budidaya Ikan Arwana

Sebagai tempat budidaya ikan hias tersebut, Anda memerlukan 4-6 akuarium.

Dalam akuarium tersebut, barang-barang yang setidaknya harus Anda mempunyai pada lain: alat pengukur suhu, heater, penyaring air, lampu, aerator, oksigen pembuat gelembung, saluran air.

2 Jenis Bibit Ikan Arwana

Ada sebagian style ikan Arwana. Anda sanggup pilih style ikan Arwana yang seperti apa yang mengidamkan Anda kembangkan didalam usaha budidaya tersebut.

Untuk pilih pilihan yang tepat, Anda sanggup melaksanakan survei di pasar ikan, lebih kurang ikan Arwana style apa yang banyak diminati dan paling laku di pasaran.

3 Makanan Ikan

Untuk bahan makanan ikan Arwana tersebut, Anda harus buat persiapan pellet. Pellet yang Anda membeli sebaiknya yang mempunyai persentase protein yang baik, lebih kurang 32%.

Di samping pellet, Anda juga sanggup memberi makanan berwujud udang, ikan mas, potongan kecil daging, dan kepiting kecil.

Langkah Sederhana Memulai Bisnis Budidaya Ikan Arwana
Setelah buat persiapan bahan-bahan atau material untuk budidaya ikan Arwana, berikut bakal diberikan deskripsi lewat simulasi simpel didalam mobilisasi usaha budidaya tersebut.

Langkah 1: Mempersiapkan Tempat Budidaya

Seperti yang telah dijelaskan di atas, pertama-tama Anda harus buat persiapan area untuk budidaya ikan Arwana. Desain akuarium beserta semua peralatannya bersama baik, dan pastikan kebersihannya.

Anda sanggup beri tambahan sebagian batu, dikarenakan Arwana senang tinggal pada kolam atau akuarium yang berbatu.

Langkah 2: Mempersiapkan Air Akuarium

Anda harus buat persiapan air pada akuarium berikut bersama temperatur suhu lebih kurang 26-30 derajat celcius. Selain suhu air, air akuarium berikut sebaiknya juga mempunyai persentase PH air sebesar 6-7.

Di samping itu, Anda harus berupaya agar air pada akuarium Anda selamanya mengalir bersama pemberian sirkulator dan saluran air.

Langkah 3: Mempersiapkan Penerangan Lampu Akuarium

Anda juga harus menegaskan bahwa akuarium berikut mempunyai penerangan lampu yang baik, dikarenakan ikan Arwana senang bersama cahaya.

Namun demikian Anda sebaiknya tidak menyimpan akuarium pada luar ruangan, dikarenakan ikan Arwana juga tidak sanggup bertahan hidup bersama cahaya segera matahari.

Langkah 4: Mempersiapkan Ikan Arwana Indukan

Anda harus menengahi ikan Arwana indukan dari ikan-ikan lainnya. Pastikan mutu ikan Arwana indukan Anda mempunyai mutu yang tinggi.

Dengan mutu indukan yang baik, maka bakal mudah untuk berkembang biak dan membuahkan bibit-bibit yang baik pula.

Di samping itu, mutu ikan yang baik bakal menghindari ikan Anda agar tidak rentan pada aneka penyakit. Untuk menjaga mutu indukan ikan Arwana Anda, sebaiknya berikan makanan berwujud udang.

Umumnya, ikan Arwana yang siap untuk dikembangbiakkan adalah yang telah berusia di atas 4 tahun, bersama panjang kelaminnya lebih kurang 45-60 cm.

Langkah 5: Beri Makan Secukupnya

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, makanan yang baik untuk ikan Arwana adalah pellet bersama persentase protein yang tinggi dan aneka makanan lain seperti udang, potongan kecil daging, ikan mas, dan kepiting kecil.

Beri makan pada ikan Anda secukupnya, yakni dua kali didalam sehari pada pagi dan sore.

Di samping itu, Anda juga sanggup memberi zat pemicu pertumbuhan ikan yang banyak dijual di pasaran pada makanan ikan berikut agar ikan Arwana Anda sanggup tumbuh bersama maksimal.

Langkah 6: Proses Mengembangbiakkan

Dalam proses pengembangbiakkan ini, Anda harus paham ikan mana saja yang telah mempunyai pasangan.

Caranya mudah, yakni mengamati jika terdapat dua Arwana yang tidak serupa style kelamin selamanya berenang berdampingan bersama posisi kepala selamanya menempel pada ekor.

Jika telah didalam posisi berdampingan, maka ikan berikut telah mempunyai pasangan dan siap berkembang biak. Jika Anda menemukan ikan yang berpasangan tersebut, maka segera pisahkan ikan berikut pada akuarium lain agar mereka sanggup segera berkembang biak.

Langkah 7: Membesarkan Benih Ikan Arwana

Anda harus waspada didalam membesarkan benih-benih ikan Arwana. Untuk Arwana yang tetap kecil memadai diberi makan bersama cacing.

Jika ikan Arwana berikut telah agak besar atau berukuran lebih kurang 12 cm, maka Anda harus segera memisahkannya.

Tujuan dipisahkan adalah agar benih-benih ikan yang tetap kecil tidak dimakan oleh yang besar. Ikan-ikan Arwana yang siap dijual biasanya berusia 2 tahun, bersama panjang 25-40 cm.

Begitu selanjutnya proses budidaya ikan Arwana yang sanggup Anda kembangkan didalam usaha budidaya Anda.
Keuntungan Besar Bisnis Budidaya Ikan Arwana
Biaya besar didalam memproduksi budidaya ikan Arwana bakal terbayarkan bersama keuntungan yang bakal Anda raup dari usaha budidaya ikan ini.
Harga menjual Arwana bersama ukuran 25-40 cm terlalu fantastis. Jika bentuk dan kualitasnya bagus sanggup meraih Rp5 juta per ekor.
Dalam mobilisasi usaha ini dibutuhkan ketekunan didalam usaha agar usaha budidaya yang Anda melaksanakan berikut membuahkan keuntungan yang menggembirakan.

Persiapan Kolam Budidaya Ikan Arwana

Kolam yang harus disiapkan untuk melaksanakan budidaya ikan arwana ini dibikin sebagaimana area hidupnya di alam liar bersama memberi bebatuan didalam kolam. Selain itu, didalam kolam diberi filter agar kolam selamanya menjaga kebersihan dan kejernihan air. Derajat keasaman atau pH air yang baik sebagai area hidup ikan arwana yakni lebih kurang 6-5-7,5 bersama suhu 25-29 derajat celcius. Usahakan kolam tidak terkena paparan cahaya matahari langsung.
Ikan arwana juga spesies ikan pemakan segala juga anak-anaknya. Untuk itu, didalam budidaya ikan arwana harus mempunyai lebih dari satu kolam untuk menempatkan ikan berdasarkan umur danukurannya. Ada sebagian style kolam yang harus disiapkan seperti kolam pemijahan, kolam pembesaran, kolam indukan dan kolam pembentukan warna.

Pemilihan Jenis dan Indukan Ikan Arwana

Jenis ikan arwana yang bakal dibudidayakan sanggup sesuai bersama modal yang dimiliki dan juga spesies yang tengah banyak permintaan. Jenis ikan arwana yang selamanya banyak keinginan adalah ikan arwana style red arwana. Namun untuk membudidayakan style red arwana memerlukan modal yang besar, jika modal anda tidak begitu besar anda sanggup membudidayakan style silver arwana.
Pilihlah indukan arwana yang telah berumur lebih kurang 4-5 tahun, dikarenakan indukan bersama umur berikut bakal terlalu baik mutu pijahannya. Masukkan indukan ke kolam pemijahan lalu berikan pakan berwujud udang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anakannya nanti. Untuk membedakan indukan jantan dan betina ikan arwana sanggup dilihat dari bentuk kepalanya, jika kepalanya lebih kecil artinya itu ikan arwana betina.

Makanan Ikan Arwana

Makanan Arwana Jenis Golden Red

Makanan yang sanggup diberikan untuk ikan arwana style golden red untuk anakan yang tetap berukuran 5 cm adalah artemia, cacing sutra, cacing darah dan kuru air. Hal ini dikarenakan makanan berikut mempunyai banyak persentase lemak yang terlalu baik untuk pertumbuhan ikan arwana anakan. Sementara dikala telah berukuran 10cm anda sanggup beri tambahan cacing dan makanan tambahan berwujud jangkrik dan pelet kecil.
Makanan seperti jangkrik menyebabkan anak ikan menjadi lebih aktif bergerak dan sanggup menyebabkan sisiknya menjadi lebih menawan. Makanan ikan arwana golden red yang telah dewasa adalah ikan kecil, pelet kecoa, kodok hingga ulat. Jenis makanan ini nantinya sanggup menyebabkan warna sisik menjadi lebih cerah. Karena manfaat yang tidak serupa inilah yang menyebabkan anda harus mencermati asupan bagi ikan arwana anda.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi dari ikan arwana style golden red, anda sanggup beri tambahan jangkrik atau kelabang untuk sarapannya. Anda sanggup beri tambahan 3 hingga 4 ekor bersama menghilangkan kaki atau bagian yang sanggup melukai ikan. Pada siang hari anda sanggup beri tambahan 1 ekor katak, tapi kuantitas ini diberikan berdasarkan ukuran tubuh arwana. Malam hari anda juga sanggup beri tambahan katak. Tapi anda sanggup beri tambahan selingan makanan agar tidak bosan.

Makanan Arwana Silver

Makanan utana yang dibutuhkan oleh ikan arwana silver adalah kelabang. Namun anda selamanya harus beri tambahan variasi makanan yang lain agar tidak bosan. Makanan yang sanggup anda berikan sebagai pendamping adalah jangkrik, kadal, katak, lipan dan kecoa. Makanan ikan arwana berikut terlalu disarankan dikarenakan mempunyai persentase protein yang tinggi dan terlalu baik untuk pertumbuhan dan kebugaran ikan arwana silver.

Makanan Arwana Super Red

erbeda bersama style yang lainnya, arwana super red menyukai makanan yang berwujud pakan hidup dikarenakan juga ikan karnivora. Makanan yang sanggup anda berikan sanggup berwujud ikan hidup, potongan udang segar, jangkrik, kecoa, kodok dan juga berbagai cacing. Tidak disarankan untuk anda beri tambahan pakan hidup yang telah mati dikarenakan sanggup menyebabkan ikan arwana terkontaminasi bakteri pathogen. Ada baiknya anda bersihkan bagian pakan hidup sebelumnya.

Makanan ini sanggup anda cari sendiri atau membeli di sebagian area yang menjual arwana super red. Pastikan anda mempehatikan bersama benar jadwal pemberian makan, dikarenakan terlalu banyak kuantitas makanan yang diberikan pada ikan juga berakibat tidak baik. Ada baiknya jika anda menyebabkan jadwal rutin untuk memberi makan. Dan porsi yang diberikan haruslah sesuai bersama ukuran badannya agar nutrisinya selamanya terpenuhi.

Makanan Agar Ikan Tumbuh Besar

Makanan ikan arwana juga tidak cuma dikhusukan untuk jenisnya saja, tapi juga ada yang mempunyai tujuan agar ukuran ikan makin bertambah. Semakin ukurannya jadi tambah maka makin mahal harga menjual dari ikan arwana yang anda miliki. Makanan yang sanggup anda berikan agar ikan cepat besar yakni ikan kecil. Ikan kecil mempunyai persentase kalori dan lemak yang terlalu baik untuk pertumbuhan ikan arwana anda.

Alternatif makanan yang sanggup diberikan yakni udang, tidak cuma menyebabkan warnanya cantik tapi beri tambahan udang hidup juga bakal menyebabkan pertumbuhannya menjadi cepat. Pelet juga sanggup anda berikan agar tubuh ikan menjadi proposional dan cepat besar. Pelet banyak memiliki kandungan protein serta lemak yang dibutuhkan oleh ikan. Katak juga sanggup menjadi pilihan dikarenakan kandunagn protein dan lemakanya yang tinggi.

Makanan Agar Sisiknya Merah

Makanan yang sanggup diberikan agar sisiknya merah adalah udang. Hal ini dikarenakan didalam udang memiliki kandungan banyak katotenoid yang terlalu baik untuk sisik ikan arwana. Namun sebelum beri tambahan sebaiknya anda mengbuang sungut atau bagian tajam lainnya. Selanjutnya anda juga sanggup beri tambahan cacing yang makan wortel, anda sanggup membiakkan sendiri. Hal ini dikarenakan arwana bukan pemakan tumbuhan dan tubuhnya butuh sayuran.

Cara Merawat Arwana

Untuk menyebabkan ikan arwana tumbuh bersama sehat dan cantik tentunya dibutuhkan perhatian yang maksimal. Ikan arwana haruslah mempunyai asupan yang cocok bersama kebutuhan nutrisi cocok kebutuhan. Anda sanggup sesuaikan porsi dan jam makan cocok bersama ukuran tubuh yang dimiliki oleh ikan arwana anda. Pastikan untuk selamanya menganti airnya agar ikan hidup bersama sehat dan mempunyai pertumbuhan yang baik.

1. Pahami Karakteristik Dari Ikan Arwana

Nah sebelum anda menentukan untuk pilih style ikan arwana yang bakal anda memelihara di rumah, sebaiknya anda harus paham khususnya dahulu karakteristik dari style ikan arwana tersebut. Seperti halnya makanan di habitat aslinya, style air, tabiat dan lain sebagainya.
Hal ini dibutuhkan agar anda tidak jadi susah saat perawatan sehari – harinya. Kemudian anda sanggup menyebabkan area pemeliharaan semaksimal kemungkinan sanggup alami seperti halnya habitat aslinya. Meskipun anda berniat memeliharanya di aquarium. Baca juga mengenai cara ternak ikan mujair.

2. Berikan Makanan yang Tepat

Jika anda mengidamkan ikan arwana yang anda memelihara cepat tumbuh dan berkembang, maka kewajiban yang harus anda melaksanakan adalah selamanya menjaga asupan nutrisi hariannya. Yakni bersama beri tambahan makanan cocok bersama porsi dan pemberiannya rutin cocok aturan yang telah ditentukan.
Jangan hingga telat atau lebih-lebih tidak diberikan makan sama sekali didalam sehari ya sobat, dikarenakan kesibukan yang anda melaksanakan menyebabkan anda lupa untuk beri tambahan makan. Baca juga mengenai cara memelihara ikan koi di kolam beton.

3. Penggantian Air Secara Rutin

Dalam perihal pemeliharaan ikan, mutu air terlalu perlu untuk pilih pertumbuhan ikan yang hidup di dalamnya. Jadi anda harus melaksanakan penggantian air secara rutin ya sobat. Jangan hingga dibiarkan berminggu – minggu tanpa ada pembersihan.
Kotoran – kotoran yang menumpuk bakal menghindar pertumbuhan ikan ini yang anda pelihara. Selanjutn kotoran berikut bakal jadi menyebabkan tumbuhnya lumut. Tentu saja perihal ini terlalu tidak sehat dan tidak baik bagi ikan arwana itu sendiri sobat. Harap diperhatikan ya!
Kemudian untuk air yang digunakan untuk mengganti air yang lama harus didiamkan khususnya dahulu ya kawan baik sedikitnya satu malam. Jangan hingga anda mengalirkan segera dari keran. Karena pada kelanjutannya ikan ini bakal kaget dikarenakan harus beradaptasi bersama cepat. Namun jika tidak sanggup beradaptasi, maka ikan berikut bakal mati. Baca juga mengenai cara budidaya ikan komet.

4. Penerangan yang Cukup

Penerangan juga tidak kalah perlu didalam perihal ini. Pertumbuhan dan pertumbuhan ikan juga tergoda oleh penerangan. Penerangan yang baik tentu saja bakal menyebabkan pertumbuhan ikan ini menjadi baik. Dan sebaliknya, jika penerangannya buruk, maka pertumbuhan ikan ini bakal ikut buruk. Baca juga mengenai cara ternak ikan bandeng di kolam terpal.

5. Ketersediaan Kadar Oksigen yang Baik

Bagi anda yang memelihara ikan arwana di didalam aquarium, khususnya ulang ruangan tempat tinggal anda terlalu terbatas dan kemungkinan persentase oksigen terbatas, maka anda sanggup beri tambahan alat tertentu yang tugasnya untuk memfilter air sekaligus sediakan oksigen dikarenakan perubahan air yang terjadi.

6. Hindarkan Dari Keramaian

Keramaian yang sering berlangsung di area tempat tinggal anda, seperti halnya area yang dekat bersama jalan nampak masuk tempat tinggal anda sanggup menyebabkan ikan ini menjadi cepat stres. Selain sanggup menghindar pertumbuhannya, tapi tidak sedikit kasus dikarenakan berawal dari stres, bakal menyebabkan kematian pada ikan tersebut.

Untuk menghidari dan menghindar perihal ini terjadi, pikirkan baik – baik letak aquarium yang bakal anda meletakkan ya sobat. Dengan demikian anda menjadi tidak harus pusing ulang bersama kemungkinan – kemungkinan yang menyebabkan situasi stres pada ikan.

Arwana Golden Red

Ikan Arwana adalah salah satu primadona ikan hias air tawar tak sekedar ikan cupang bersama ciri khas dan keunikannya. Ikan yang banyak di jumpai di kawasan Asia Tenggara khususnya Malaysia dan Indonesia ini mempunyai cirri-ciri yang menggodan dan memikat. Ikan Arwana Golden Red misalnya, ikan ini memilliki sisik bersama warna kuning keemasan serta sirip dan ekor yang kemerahan.

Jenis Arwana Golden Red tergolong ikan yang mahal, tapi bagi para pengagum ikan hias biasanya mereka tidak mencermati harga berikut dikarenakan mereka pilih untuk menikmati keindahannya. Namun didalam penentuan ikan style ini juga harus waspada agar tidak tertipu, dikarenakan hamper semua ikan ini mempunyai sisik berwarna keemasan. Maka dari itu berikut ulasan mengenai ciri-ciri ikan arwana golden Red

Berikut adalah 6 beberapa ciri Ikan Arwana Golden Red

1. Berdasarkan Bentuk dan Ukuran Tubuh

Ikan Arwana Golden Red biasanya berukuran 40cm, tapi di ukuran 20-25 juga tidak jarang di perjual belikan. Sedangkan untuk anakna susah di bedakan bersama anakan spesies lainnya. Jadi sebaiknya membeli bersama ukuran tengah kisaran 15 — 20 cm, agar sanggup ketauhan style Red-Tail atau bukan

2. Berdasarkan Warna Kulit, Punggung, Sirip, Sisik

Arwana Golden Red ini mempunyai sisik dan sirip yan gsama semua bersama warna sisik yang emas dan sirip berwarna merah dan punggungnya kehitaman. Sedangkan untuk warna kulit basic dari style ini berbagai macam, jadi dari biru, hitam, hijau maupun emas, agar menyebabkan satu bersama yang lain nampak berbeda.

3. Berdasarkan Ciri-ciri Sirip,Ekor,Sisik dan Sungut

Sirip punggung Ikan Arwana Golden Red berada di dekat ekornya, tapi dikarenakan bentuk tubuhnya yang memanjang, membuatnya tak nampak mempunyai sirip punggung. Sirip perutnya pun juga ada berada dekat ekor dan berwana emas campur kemerahan. Itulah sebabnya ikan ini di beri nama Golden Red. Selain mempunyai sisik yang besar dan paham nampak ternyata ikan style ini juga mempunyai dua sungut di dekat bibirnya seperti dua buah duri yang tengah tertancap.

4. Macam-macam Spesies Arwana Golden Red

Spesies ini mempunyai sub sub style berdasarkan criteria level warna siri keemasannya. Seberapa emaskah warnanya. Berikut adalah macam-macam Arwana Red –Tail Golden yang telah teridentifikasi.

Red-Tail Golden Arwana: sisik keemasan hingga level 4
Highback Golden Arwana: sisik keemasan hingga level 5
Super Highback Golden Arwana: sisik keemasan hingga level 6
Crossback Golden Arwana: sisik keemasan menutupi semua tubuh, dan ikan ini berasal dari Malaysia

5. Habitat Asal dan Penyebaran

Ikan style ini mempunyai habitat asal dari Indonesia, biasanya sanggup di temukan di area Sumatra, Riau dan pulau Kepri. Namun di berbagai laut di bebrapa benua juga sanggup di temui bersama habitat yang lebih kecil, dikarenakan ikan style ini sanggup berimigrasi dari benua satu ke yang laiinya. Tapi style ikan ini jadi di kategorikan ikan langka yang hampir punah dikarenakan banyaknya penangkapan ikan Arwana style Golden Red ini.

6. Pembudidayaan dan Penangkaran

Pembudidayaan dan penangkaran ikan Arwana style Golden Red ini bukan sebatas cuma untuk di perjual belikan, tapi bisanya untuk keperluan ilmiah seperti riset. Serta pelestarian dikarenakan ikan style ini telah hampir di anggap punah. Indonesia dan Malaysia sama-sama tengah membudidayakan ikan style ini.

7. Perawatan Ikan Arwana Golden Red

Perawatan dari Ikan Arwana Golden Red hampir sama bersama ikan hias laiinya. Bisa menempatkannya di aquarium bersama air yang bersih dan sirkulasi hawa yang bagus dan sedikit beri tambahan ornament penghias aquarium seperti tanaman dan bebatuan. Sedangkan untuk pakannya juga tidak terllau sulit, dikarenakan ikan ini tergolong style hewan karnivora atau pemakan daging, maka anda sanggup memberinya makan seperti cacing sutra, katak, atau kecebong.

Bagi anda yang mengidamkan memlihara ikan Arwana Golden Red, semoga artikel ini sanggup menolong anda didalam pilih cirri-cirinya dan cara perawatannya.

Bagi pengagum ikan hias, ikan Arwana adalah keliru satu ikan primadona yang disukai banyak orang dikarenakan keunikannya. Ikan yang banyak dijumpai dikawasan Asia Tenggara ini mempunyai warna dan bentuk yang memikat, contohnya saja style Golden Red. Ikan Arwana style ini mempunyai sisik yang berwarna kuning keemasan, dipadukan bersama ke dua sirip dan ekor yang berwarna merah. Namun ciri berikut tidak sanggup dijadikan patokan, nah agar tidak tertipu yuk cari paham ciri ciri ikan Arwana Golden Red berikut.

Ciri Ikan Arwana Jenis Golden Red

Golden Red Memiliki Ukuran Hingga 40 cm
Bentuk ikan Arwana style Golden Red memang sama pada ikan ini pada umumnya, yakni berwujud memanjang bersama sisik yang besar khas ikan primitif atau prasejarah. Ukuran tubuh Golden Red sanggup meraih 40 cm, biasanya Golden Red telah diberjual belikan pada ukuran 20 hingga 30 cm.

Arwana style Golden Red juga sanggup diberjual belikan dikala tetap anakan, tapi disinilah anda harus mencermati bersama lebih jeli. Anakan ikan Arwana Golden Red terlalu susah untuk dibedakan denganArwana style lainnya. Oleh dikarenakan itu, sebaiknya membeli Golden Red dikala berukuran 15 hingga 20 cm. Hal ini dikarenakan pada ukuran tersebut, warna dan style Golden Red telah sanggup terlihat.

Perhatikan Warna Sirip, dan Punggung Golden Red
Untuk Arwana style Golden Red, memang sedikit tidak serupa jika dibandingkan bersama style Arwana lainnya. Ketika kalian pergi ke toko yang menjual Arwana super red dan Golden Red, maka kalian sanggup lihat bahwa ikan Arwana style Golden Red pun tidak sama satu sama lainnya. Hal ini dikarenakan warna basic dari Arwana Golden Red tidak serupa beda jadi dari hitam, biru, hijau, dan emas.

Meskipun mempunyai warna basic yang berbeda-beda, warna sisik dan siriplah yang menjadi ciri khas ikan Arwana Golden Red ini. Sisik Golden Red mempunyai warna emas, namun siripnya mempunyai warna merah. Keunikan yang dimiliki Arwana style Golden Red adalah pada warna punggungnya, warna punggung ikan  style ini berwana kehitaman atau gelap.

Memang ada ikan Arwana yang mempunyai warna emas, sama seperti Golden Red. Namun yang membedakan adalah bagian warnanya, Golden Red mempunyai sirip emas yang cuma meraih baris ke empat dari bawah perut. Setelah warna keemasan ini, biasanya warna yang nampak adalah kemerahan yang berangsur makin gelap menuju bagian punggung ikan.

Sirip yang Emas Kemerahan
Ikan  ini mendapat julukan Golden Red, dikarenakan sesuai bersama warna yang ada pada siripnya yakni emas kemerahan. Selain itu ciri dari Golden Red adalah, bentuk Arwana yang seolah tidak mempunyai sirip perut maupun sirip punggung. Sirip punggung Golden Red terdapat agak kebelakang, berdekatan bersama ekor. Begitu pula bersama sirip perutnya yang mempunyai ukuran kecil seperti menempel pada perut Arwana.

Ciri lain yang sanggup membedakan Golden Red bersama style Arwana lainnya, adalah pada diameter sisiknya. Golden Red mempunyai sisik yang berdiameter memadai besar dan terlalu nampak setiap sekat dari sisiknya. Sungut yang dimiliki oleh ikan Arwana Golden Red pun mempunyai ukuran lebih besar, jika dibandingkan bersama style Arwana lainnya . Sungut yang terdapat di dekat bibir ini seperti dua buah duri yang keras dan tebal seperti sungut ikan lele.

Spesies Golden Red
Jika biasanya satu style Arwana tidak mempunyai sub sub spesies lanjutan, tidak serupa bersama Golden Red ini. Karena mempunyai banyak varian, maka style Golden Red dibagi menjadi sebagian varian cocok bersama warna siripnya. Umumnya terdapat 4 varian yang dimiliki oleh Golden Red yakni red tail golden, highback golden, super highback golden, dan crossback golden.

Untuk red tail golden, sisik keemasan yang dimiliki meraih hingga level 4. Sedangkan untuk hightback golden mempunyai level sisik keemasan hingga level 5. Super highback merupakan peningkatan dari style highback golden bersama sisik keemasan meraih level 6. Level tertinggi dari style Golden Red ini dimiliki oleh crossback golden, style ini mempunyai sisik keemasan yang menutupi semua permukaan tubuh dari ikan Golden Red ini.

Harga Umum Golden Red
Harga termurah dimiliki oleh ikan Arwana Golden Red, bersama kisaran Rp 2 jutaan untuk ukuran 10 hingga 12 cm serta Rp 3 juta hingga Rp 4 juta untuk ukuran 20 hingga 25 cm. Sedangkan harga termahal dimiliki oleh Golden Red style crossback golden, yang mempunyai harga Rp 10 juta untuk anakan serta Rp 25 juta untuk ukuran 20 hingga 25 cm.

Memiliki warna yang unik, menyebabkan para kolektor senang merogoh kocek untuk memperoleh ikan Arwana style Golden Red ini. Namun dikala membeli ikan Golden Red, bakal lebih baik jika anda paham ciri-cirinya khususnya dahulu. Hal ini dikarenakan mayoritas ikan ini bakal mempunyai warna emas pada sisiknya, ciri Golden Red sanggup dilihat pada ukuran ikan yang meraih 15 hingga 20 cm. Setelah paham ciri tersebut, kini anda telah siap untuk membeli Golden Red ini !

Arwana Super Red

Arwana merupakan ikan air tawar primitif yang berwujud predator, dikarenakan itu bisanya dipelihara tersendiri di didalam akuarium berukuran besar.

Di alam aslinya, populasi ikan ini telah jadi menipis dan lebih-lebih terancam punah, agar standing perlindungannya telah masuk Appendix I CITES. Tetapi, pemerintah tetap mengijinkan perdagangan Arwana bersama syarat ikan yang diperjualbelikan hasil penangkaran.

1. Arwana Super Red

Ikan ini berasal dari berbagai area di Provinsi Kalimantan Barat, seperti dari Sungai Kapuas dan Danau Sentarum yang dikenal sebagai habitat dari Super Red (chili dan blood red).
Warna merah penuh nampak pada sirip ikan muda, bibir dan juga sungut. Menjelang dewasa, warna merah bakal nampak di berbagai bagian tubuh lainnya, khususnya pada tutup insang dan pinggiran sisik, agar tubuh ikan nampak berwarna merah dan terlalu indah jika terkena cahaya lampu.
Ikan arwana merah dikelompokkan menjadi empat varietas, yakni Merah Darah, Merah Cabai, Merah Orange, dan Merah Emas. Keempat varietas ini secara umum diberi julukan Super Red atau Merah Grade Pertama (First Grade Red).

2. Arwana Golden (Cross Back, Cross Back Golden, CBG)

Ikan arwana golden varietas cross back merupakan bagian dari varietas arwana golden. Varietas ini dijumpai di berbagai area di Malaysia, seperti Perak, Trengganu, Danau Bukit Merah dan Johor. Ikan ini sering diberikan julukan cocok bersama area asalnya, seperti Golden Pahang, Bukit Merah Blue atau Malaysia Gold.
Disebut sebagai arwana cross back dikarenakan varietas ini saat dewasa mempunyai warna emas penuh hingga melalui punggungnya. Varietas ini harganya relatif lebih mahal lebih-lebih paling tinggi dibandingkan lainnya dikarenakan juga jarang ditemui.
Ikan arwana CBG dibagi menjadi sebagian kelas berdasarkan warna basic sisik, yakni Purple-Based (warna basic ungu), Blue-Based (warna basic biru), Gold Based (warna basic emas), dan Silver-Based (warna basic perak). Arwana Gold bersama warna basic emas sanggup meraih warna penuh pada umur lebih muda dibandingkan bersama varietas lain.

3. Arwana Golden Red (Red Tail Golden, RTG)

Ikan arwana ini bagian dari varietas arwana Golden dan sering disebut sebagai Arwana Golden Indonesia. Varietas ini dijumpai di area Mahato, Riau.
Berbeda bersama Cross Back Golden (CBG), warna emas pada verietas ini tidak bakal berkembang hingga melalui punggung, tapi cuma bakal meraih baris keempat atau kelima sisik, dihitung dari bawah perut.
Seperti halnya varietas crossback, warna basic sisik RTG sanggup biru, hijau, atau emas. Begitu pula bersama warna bibir, ekor, dan sirip, ke dua varietas ini mempunyai keragaan yang terlalu mirip.
Jumlah ikan ini di alam relatif lebih banyak dibandingkan bersama CBG, meskipun demikian selamanya merupakan varietas yang dilindungi CITES.
Membedakan CBG dan RTG pada ukuran 10-12 centimeter sulit ditunaikan dan harus kehati-hatian. Perbedaan harga juga terlalu mencolok.
Harga CBG ukuran 12 cm dihargai lebih dari Rp10 juta, ukuran 20-25 cm berkisar Rp15-25 juta. Golden red berukuran 12 cm dihargai Rp2 juta, namun ukuran 20-25 cm dihargai Rp2,5-Rp3,5 juta.

4. Arwana Hijau (Green Arwana/ Golden Piano)

Arwana hijau ditemukan di Thailand, Malaysia, Myanmar, Komboja, dan juga di sebagian area di Indonesia. Variasi penampakan dan warna sanggup saja ditemukan di tiap-tiap daerah.

Meskipun demikian secara umum sanggup dikatakan bahwa pada biasanya berwarna kelabu kehijauan dangan pola garis-garis berwarna gelap pada ekor. Kepala dan mulutnya lebih besar dan lebih membulat dibandingkan bersama style arwana asia lainnya.

5. Arwana Banjar

Ikan ini merupakan varietas arwana merah kelas 2 dan bukan merupakan strain murni arwana merah. Penampakannya ditunjukkan oleh warna sirip yang orange pucat, ekor berwarna orange atau kuning, dan tidak mempunyai warna merah di badan maupun di pipi.
Sepintas Banjar Merah muda terlalu sama bersama Arwana Merah muda, agar tidak jarang perihal ini sanggup mengecoh para pehobi baru. Banjar dicirikan juga oleh bentuk kepala yang cenderung membulat bersama mulut yang tidak terlalu lancip.

6. Arwana Irian (Jardini)

Warna basic arwana Irian adalah hitam kecoklat-coklatan bersama bintik-bintik kuning keemasan pada bagian tengah sisik-sisiknya, lebih-lebih di bagian kepala (pipi) hingga pada sirip dan ekornya pun terdapat bintik-bintik kuning tersebut.

7. Arapaima

Arapaima merupakan ikan air tawar terbesar di dunia. Ikan kerabat arwana ini, pada saat dewasa sanggup meraih panjang lebih dari 3 meter, bersama berat hingga bersama 200 kilogram.
Arapaima cuma ditemukan di Amazon dan proses sungai Essequito. Seperti halnya arwana di Indonesia, mereka juga didalam daftar satwa langka yang dilindungi olah CITES, IUCN dan dilindungi bersama undang-undang di Guyana.
Di habitatnya, Arapaima merupakan sumber pakan bagi komunitas masyarakat setempat. Sampai bersama bulan Desember 2001, populasi mereka diperkirakan kurang dari 850 ekor di wilayah rimba Iwokara pada ekosistem lahan basah Rupununi.

8. Arwana Silver/Arwana Brazil

Ikan ini mempunyai bentuk tubuh yang berbeda. Bentuk tubuh dan siripnya panjang. Mulai dari bagian tengah badan hingga pada ujung ekor memberi kesan yang terlalu anggun saat berenang.
Arwana ini sanggup tumbuh meraih 50 – 60 centimeter. Jenis ini berasal dari Amerika Selatan, tapi saat ini telah sanggup dikembangbiakkan di indonesia.

9. African Arwana

Kepala African Arwana, berwujud bulat bersama tubuh melonjong berwarna perak.

10. Black Arwana

Masih bersaudara bersama Silver Arwana, ikan ini membawa warna silver yg menyeluruh jika pada bagian ekornya yang mempunyai warna hitam. Jika ikan ini telah meraih dewasa, lambat laun warna hitam pada ekornya bakal memudar.

Ikan Arwana Super Red (Scleropages formosus) merupakan ikan hias air tawar asli Indonesia yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Eksploitasi yang berlebihan pada ikan ini menyebabkan ikan ini masuk didalam daftar merah satwa langka. Mengingat nilai ekonomisnya yang tinggi maka perdagangan ikan ini tetap diperbolehkan asalkan merupakan generasi F3 dari penangkaran. Oleh dikarenakan itu peran budidaya terlalu berpengaruh pada keberlanjutan konservasi dan pemakaian Arwana Super Red. Budidaya Ikan Arwana Super Red khususnya teknologi perbenihan memerlukan keahlian yang memadai didalam persiapan wadah, pemeliharaan induk, pemanenan larva, pemeliharaan larva dan benih, pengelolaan mutu air dan penanganan pada penyakit. Dalam persiapan wadah yang harus diperhatikan adalah kesesuaian wadah dan kesterilan wadah dari patogenpatogen berbahaya bagi ikan. Dengan wadah pemeliharaan yang baik bakal membuahkan product yang memiliki kwalitas dan turunkan tingkat kecemaran penyakit serta kematian ikan. Selain itu, induk harus dipelihara bersama baik dikarenakan bakal pilih keberhasilan didalam pemijahan dan pengeraman larva. Pemanenan larva pilih kelangsungan hidup selanjutnya yang bakal miliki nilai tinggi jika ditunaikan kurang lebih 40 hari sehabis pengeraman induk pertama. Pada saat itu larva tetap membawa sedikit kuning telur di tubuhnya. Selanjutnya, didalam pemeliharaan larva dan benih dibutuhkan teknologi didalam pengelolaan air, pakan dan kebugaran dikarenakan ikan pada stadia ini terlalu rentan pada penyakit dan perubahan mutu air.


log in

reset password

Back to
log in