free html hit counter Makanan Khas Banda Aceh Ternikmat

Makanan Khas Banda Aceh Ternikmat


Makanan Khas Banda Aceh
Sumber Gambar Dari : Google image

Indonesia ialah negara dengan kekayaan kuliner yang luar biasa. Keberadaan sekian banyak jenis rempah-rempah yang tumbuh subur menjadi salah satu hal yang menyokong kekayaan tersebut, selain pun menjadi penyebab orang-orang dari Eropa sana jauh-jauh menjajah Indonesia. Salah satu lokasi dengan kuliner unik yang khas dengan kekayaan bumbunya ialah Bandar Aceh. Jika kamu ialah penikmat bumbu, kuliner di Banda Aceh ialah surga.

Di nyaris setiap sudut tidak sedikit ditemukan lokasi makan, baik warung kaki lima sampai restoran yang dapat ditemukan ketika di Banda Aceh. Provinsi yang familiar dengan sebutan Serambi Mekah ini memang mempunyai ragam kuliner yang menggugah selera. Nah, buat anda yang sedang berangjangsana ke Kota Banda Aceh, nggak terdapat salahnya lho untuk mengupayakan Makanan Khas Banda Aceh yang bakal memanjakan lidah inilah ini. Check them out!

Mi Aceh

Memang, di tidak sedikit kota lain anda juga dapat menikmati Makanan Khas Banda Aceh yang satu ini. Akan tetapi, bukankah akan paling afdol bila dapat menikmati Mi Aceh di lokasi asalnya? Mi Aceh dikenal dengan rasanya yang pedas. Mi Aceh sendiri adalahmie kuning tebal yang ingin kuat pada bumbunya. Sebagaimana olahan mi beda di Indonesia yang mengenal goreng dan kuah, begitu pula dengan Mi Aceh.

Mi Aceh lazimnya kaya varian penyajian, antara beda irisan daging sapi, daging kambing, di sejumlah tempat bahkan terdapat daging rusa. Di samping itu, penyajian dengan seafood laksana udang, cumi, sampai kepiting pun bukan urusan aneh. Mi Aceh di samping sebagai kekayaan kuliner pun tampak sebagai wujud perbaduan kebiasaan lokal dan asing yang masuk pada masa lampau.

Mie dikenal sebagai pengaruh Tionghoa, bumbu yang begitu kental identik dengan India, meskipun guna Mi Aceh terdapat perbedaan bermakna dengan kare sebagai wujud penyesuaian. Varian seafood sendiri begitu kental dengan posisi Aceh yang dikelilingi pantai.

Beberapa lokasi untuk menemukan Mi Aceh yang mempunyai cita rasa prima, antara beda Mie Midi Peuniti, Mie Ayah Simpang Lhong Raya, serta Mie Razali.

Ayam Tangkap

Kuliner yang satu ini dari namanya telah kelihatan bila berbahan dasar tangkap, eh, ayam. Sebagaimana kuliner beda di Sumatera yang kaya bumbu, begitu pula dengan Ayam Tangkap yang melibatkan bawang merah, bawang putih, cabai hijau, dan daun temurui.
Keunikan kuliner ini ialah penyajian daun temurui yang begitu tidak sedikit sehingga ayamnya jadi terlihat tertangkap. Bagi dapat merasakan Ayam Tangkap, kamu dapat menyambangi RM Cut Dek, RM Hasan, dan RM Aceh Rayeuk.

Martabak Telur Aceh

Mari guna tidak memperdebatkan Makanan Khas Banda Aceh yang berwujud martabak dalam urusan ini. Sebagaimana diketahui bahwa terjadi polemik panjang dan berlarut-larut soal martabak manis dan martabak telur. Terutama bahwa yang dinamakan martabak manis tersebut sering relevan dengan terminologi kue cerah bulan meskipun menurut keterangan dari riwayat aslinya di Bangka sana kuliner tersebut mempunyai nama Hok Lo Pan.

Mari konsentrasi saja pada konteks martabak telur, atau di bagian beda Sumatera dinamakan sebagai martabak Mesir. Kombinasi tepung terigu, telur, sayuran, dan daging yang diubah serta disajikan secara menarik ini lumayan identik dengan sekian banyak daerah di Indonesia, berikut sejumlah perbedaan kecil dalam penyajian.

Martabak telur terdapat yang dimakan dengan kuah, terdapat pula dengan acar. Nah, bila di Aceh, martabak telur disajikan dengan acar bawang, meskipun juga sesuai kalau dicicipi dengan kuah kari. Satu urusan yang sedikit bertolak belakang antara martabak Aceh dengan varian beda di Indonesia ialah bentuknya yang serupa telur dadar. Hal tersebut terjadi sebab kulit martabak terdapat di dalam dengan telur terdapat di unsur luar. Jadi, tidak cukup lebih “martabak” versi wilayah lain dibalut dengan telur.

log in

reset password

Back to
log in