free html hit counter Makanan Khas Daerah Aceh Yang Beragam

Makanan Khas Daerah Aceh Yang Beragam


Makanan Khas Daerah Aceh Yang Beragam

Makanan Khas Daerah Aceh memang beragam. Aceh adalahsalah satu distrik yang berad di ujung barat Indonesia dan sejumlah tahun silam terpapar bencana Tsunami yang menguras seluruh wilayahnya. Akan namun bencana yang melanda tidak menciptakan penduduk menjadi putus asa.

Aceh familiar dengan sebutan serambi Mekah, selain tersebut Aceh pun menyimpan pelbagai pesona alam yang siap memanjakan mata semua pengunjung. Bukan melulu menghadirkan keindahan alam yang estetis melainkan aceh pun menyimpan pelbagai makanan khas Aceh yang familiar kelezatannya.

Mie Aceh

Mie Aceh ialah masakan mie pedas khas Aceh yang selanjutnya. Mie kuning tebal dengan irisan daging sapi, daging domba atau makanan laut (udang dan cumi) disajikan dalam sup sejenis kari yang gurih dan pedas.

Mie Aceh terdapat dalam dua jenis, Mie Aceh Goreng (digoreng dan kering) dan Mie Aceh Kuah (sup). Biasanya ditaburi bawang goreng dan disajikan bareng emping , potongan bawang merah, mentimun, dan jeruk nipis.

Bagi anda yang belum tahu, Mie Aceh ini adalahsalah satu kuliner yang memiliki tidak sedikit penggemar.

Maka dari itu, sudah tidak sedikit pedagang-pedagang dari Aceh yang merantau ke wilayah lain guna berjualan kuliner yang satu ini.

Kuah Sie Itek

Masakan khas Aceh memang familiar dengan kuah dan bumbu-bumbu rempahnya yang enak. Termasuk masakan yang satu ini, Kuah sie Itek. Makanan yang berbahan dasar daging Itik atau Bebek ini menjadi di antara yang paling di idolakan masyarakat Aceh.

Dengan bumbunya yang khas dan teknik masak yang menciptakan daging itik nya tidak amis, menjadikan masakan gulai yang berasal dari wilayah Bireun ini tidak sedikit dicari oleh semua pecinta kuliner yang berangjangsana ke Aceh.

Kuah Sie itek pun umumnya muncul dalam dua varian, yaitu: masak merah dan masak putih. Sie itek masak merah memang kuahnya berwarna merah, sebab salah satu bumbu utamanya ialah cabe merah.

Sate Matang

Nama ini dipungut dari suatu tempat di Aceh yakni Kota Matang Geuleumpang Dua, Kabupaten Bireun. Konon dari sinilah mula mula Sate Matang diperkenalkan oleh penjualnya. Setelah tersebut sejak tahun 90-an Sate Matang kemudian menjadi familiar tidak melulu di Aceh.

Keunikan dari Makanan Khas Daerah Aceh Sate Matang terletak pad acara penyajiannya, dimana disajikan dengan bumbu kacang serta nasi dan kuah soto. Dalam kuah soto ada kentang dan daging, rasanya juga lezat dan gurih.

log in

reset password

Back to
log in