free html hit counter Makanan Khas Daerah Sumatera Utara Terenak

Makanan Khas Daerah Sumatera Utara Terenak


Makanan Khas Daerah Sumatera Utara
Sumber Gambar Dari : Google image

Makanan Khas Daerah Sumatera Utara – Sumatera Utara adalahsalah satu distrik provinsi di Pulau Sumatera yg familiar menggunakan keindahan Danau Tobanya. Di samping Danau Toba, provinsi yg beribukota pada Medan ini pun memiliki ragam tujuan wisata lainnya yang tidak kalah menarik.
Mulai dari wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata masakan yg menggugah selera. Yang tentu terdapat nir sedikit sajian spesial pada Sumatera Utara yg dapat engkau jelajahi keanehan cita rasanya satu per satu.
Buat anda yg hendak mengexplore kekayaan masakan di Sumatera Utara inilah ini artinya beberapa makanan khas Sumatera Utara yang familiar akan kelezatannya.

1. Arsik Ikan Mas

Makanan Khas Daerah Sumatera Utara urutan kesatu terdapat hidangan tradisional berdasarkan distrik Tapanuli yang dikenal dengan sebutan arsik. Menu ini menyajikan cita rasa menarik yg menggoda sebab memakai bumbu dan rempah opsi khas Sumatera Utara.

Di samping bumbu kuning, arsik pun dilengkapi menggunakan asam cikala atau buah kecombrang & andaliman hingga-hingga aromanya semakin sedap. Biasanya menu ini memakai ikan mas menjadi bahan utamanya, tetapi begitu dapat saja diganti menggunakan jenis ikan lainnya.

Menariknya lagi, dalam proses memasak arsik ini sisik ikan mas bisa dibersihan ataupun nir cocok selera. Ikan yg telah dibalur dengan bumbu kuning lantas bagian perutnya dipenuhi menggunakan kacang panjang & bawang Batak plus bumbu yang tersisa.

Selanjutnya ikan mas dapat dimasak dengan api sedang hingga matang dan mengering. Menu ini sangat sesuai disantap bareng sepiring nasi yg pulen dan hangat.

Untuk mencicipi kelezatan arsik ikan mas ini kamu dapat mampir ke Rumah Makan Sitanggang yang sedang di Jalan Sei Batang Hari No. 80A, Babura Sunggal, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara.

Rekomendasi lainnya ialah Rumah Makan Sipirok pada Jalan Sunggal No. 14, Sei Sikambing B, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara.

2. Bihun Bebek

Makanan Khas Daerah Sumatera Utara berbahan bihun & suwiran daging bebek ini memberikan cita rasa legit yg paling menarik hati. Di samping bihun dan bebek, seporsi bihun bebek seringkali juga dilegkapi dengan daun sawi, daun bawang dan bawang putih goreng. Menu ini jua bisa ditambah dengan lauk lainnya cocok kesukaan, misalnya contohnya ati ampela.

Sensasi rasa berdasarkan bihun bebek ini paling gurih sebab menggunakan kuah kaldu menurut daging bebek yg telah dibumbui. Sangat nikmat dicicipi selagi panas.

Salah satu loka santap bihun bebek legendaris di Medan yang dapat engkau sambangi adalah Bihun Bebek Asie Kumango yg sedang di Jalan Kumango No. 15, Medan, Sumatera Utara.

3. Anyang Pakis

Makanan lezat khas Kabupaten Asahan ini bisa kamu cicipi guna melengkapi aktivitas wisata kulinermu di Sumatera Utara. Sesuai dengan namanya, sajian ini menggunakan daun pakis muda sebagai bahan utamanya.
Sekilas sajian ini serupa dengan urapan, melulu saja pada anyang pakis memakai kelapa parut panggang atau serundeng yg sudah dibumbui. Sebagai pelengkapnya, anyang pakis pun ditambahkan dengan rebusan tauge, daun pepaya ataupun kacang panjang.

Menu yg menyehatkan ini umumnya nir sedikit dijual saat bulan Ramadhan, sampai-hingga di luar bulan Ramadhan lumayan sulit guna ditemukan.

Kuliner yang lumayan langka ini dapat engkau temukan pada Rumah Makan 100 yg sedang pada Jalan Medan-Kisaran Km 100, Air Putih, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

4. Naniura

Menu tradisional spesial Batak ini dari berdasarkan distrik Tapanuli Utara & lazim disajikan menjadi sajian buat semua raja. Naniura sendiri dalam Bahasa Batak bisa diartikan menjadi ikan yang tidak dimasak tetapi lezat guna dimakan.

Proses mengolah ikan pada kuliner ini memang tidak dimasak tetapi dengan memakai bumbu spesifik. Ikan mas yang telah dimurnikan direndam pada dalam air perasan jeruk atau air asam jungga.

Ikan yang dipakai seringkali nir terlampau akbar supaya proses pematangannya dapat merata. Setelah direndam sekitar 4-5 jam dan dagingnya telah mulai elastis serta mudah disobek maka naniura siap guna dihidangkan

Ikan itu kemudian diguyur menggunakan bumbu dan rempah yang tidak mengecewakan lengkap dengan ekstra andaliman dan kecombrang hingga-sampai aromanya semakin menggugah kesukaan.

Menu tradisional ini bisa engkau rasakan pada Rumah Makan Batak Tobasa yang sedang di Jalan S. Parman No. 52H, Simpang Glugur, Medan Petisah, Medan, Sumatera Utara.

5. Natinombur

Makanan spesial Batak ini menyajikan cita rasa pedas & sedap yg menarik hati. Pada masakan ini menu ikan bakar bakal tersaji dengan kuah kental yang kaya bakal bumbu rempah sampai-sampai cita cita rasanya semakin enak.
Ikan air tawar laksana mujahir, lele, ataupun nila yg telah dimurnikan direndam menggunakan air perasan jeruk dan tidak banyak garam guna menghilangkan wewangian amisnya. Selanjutnya ikan dihanguskan hingga matang & diguyur menggunakan kuah berbumbu pedas yang sudah disiapkan.

Sensasi pedas dan keanehan rasa berdasarkan andaliman dalam menu ini menciptakan pengecap tak berhenti bergoyang buat merasakan kelezatannya.

Menu spesial nan lezat ini bisa kamu rasakan di Pondok Makan Sitalolo yang sedang di Jalan Turi Ujung No. 188, Binjai, Medan Denai, Kota Medan, Sumatera Utara.

6. Manuk Napinadar

Kuliner spesial Batak ini lazim dihidangkan pada program norma menggunakan proses mengolah yang tidak mengecewakan rumit. Hidangan ini memakai ayam dusun menjadi bahan utamanya. Potongan daging ayam yang telah dipanggang selanjutnya diguyur dengan kuah tertentu yg tercipta dari tumisan bumbu yang dibaur darah ayam.

Menu non halal ini masih ada pada Rumah Makan Pinadar Nainggolan yg sedang pada Jalan Sidikalang-Medan, Batang Beruh, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

7. Dali ni Horbo

Menu yang menarik ini adalaholahan susu kerbau yg diciptakan sebagai makanan ringan enak & tidak sporadis diklaim menggunakan keju Batak. Susu kerbau yang diubah secara tradisional ini mempunyai rasa yg menarik dan spesial sehingga paling memanjakan lidah.
Menu keju Batak ini dapat didapatkan di sejumlah pasar tardisional yg ada di dekat Danau Toba dan Pulau Samosir.

Keju tradisional ini jua dapat engkau dapatkan pada Pondok Makan Sitalolo yg sedang pada Jalan Turi Ujung No. 188, Medan, Sumatera Utara.

8. Ombus-ombus

Jajanan tradisional menurut Siborong-borong, Tapanuli Utara ini tercipta dari tepung beras, tepung ketan, atau adonan berdasarkan 2-duanya yang dikukus & di dalamnya ada isian gula merah.

Makanan ini lazim dihidangkan pada program istiadat, khususnya pada saat peletakan batu kesatu pembangunan tempat tinggal . Ombus-ombus diciptakan dengan teknik mengukus tepung ketan atau tepung beras bareng parutan kelapa dan tidak banyak garam sampai-sampai cita cita rasanya gurih.

Bahan tersebut dibalut daun pisang menggunakan format kerucut & didalamnya diberi gula merah, lantas dikukus pulang sampai matang.

Jajanan cantik ini dapat dihasilkan di Warung Ombus-ombus No. 1 yg berada di area terminal mini Siborong-borong atau pada Jalan Karya Jaya, Medan, Sumatera Utara.

9. Sambal Tuktuk

Kuliner spesial Batak ini menyajikan sensasi pedas yang menggigit, sangat sinkron buat anda yg getol menggunakan sambal. Sesuai dengan namanya, sambal ini memakai bumbu mudah yg terdiri dari cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan nir poly garam.

Untuk menaikkan rasa dan wewangian seringkali pun ditambahkan menggunakan andaliman. Sambal ini terasa semakin nikmat karena dipadukan menggunakan ikan aso-aso. Ikan aso-aso adalahjenis ikan kemarau dari Sibolga yg memiliki cita rasa gurih alami.

Jadi sehabis semua bumbu sambal ditumbuk kasar, ikan aso-aso ditumbuk hingga memar & terakhir diserahkan air jeruk nipis atau limau. Jika nir masih ada ikan aso-aso bisa diganti dengan ikan kemarau lainnya, meskipun hasil akhir berdasarkan cita rasanya tentu agak tidak selaras.

Dalam penyajiannya, sambal tuktuk dapat dihidangkan bersama ragam sayuran laksana daun singkong, kacang panjang ataupun terong. Cukup dicocol menggunakan sambal plus sesuap nasi hangat, dipastikan nendang pada verbal!
Cita rasa pedas nan menggoda menurut sambal tuktuk bisa engkau rasakan pada Rumah Makan Humairah yang sedang di Jalan Karya Budi No. 36A, Pangkalan Masyhur, Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara.

10. Udang Tauco

Menu khas menurut Deli Serdang, Sumatera Utara ini adalahsalah satu kuliner yg diavoritkan sang wisatawan. Olahan udang yang satu ini memang juara pada urusan rasa. Sesuai dengan namanya, sajian ini memakai udang menjadi bahan utamanya yg dimasak menggunakan bumbu tauco.

Sebagai pelengkapnya, udang tauco pun dibubuhi menggunakan irisan tomat hijau, cabe hijau dan pun kecombrang. Kombinasi rasa gurih dan pedas pada masakan ini begitu menggugah selera, sangat sesuai buat dijadikan sajian santap siang saat berada di Provinsi Sumatera Utara.

Salah satu restoran yg bisa kamu tuju untuk merasakan hidangan ini artinya Retsoran Waringin yg sedang di Jalan Mayang No. Dua, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara.

Rekomendasi lainnya ialah Restoran Seafood Sondoro yang beralamat di Jalan Brigjen Katamso No. 266, Sei Mati, Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara.

11. Gulai Masam

Hidangan gulai khas Deli Serdang, Sumatera Utara ini menyajikan cita rasa gulai yang kaya rempah menggunakan sentuhan rasa asam di dalamnya. Sehingga kombinasi rasa yg didapatkan sangat menarik & menggugah kesukaan.
Bahan yg diharapkan buat membentuk gulai ini merupakan ikan air tawar, santan, bumbu rempah, belimbing wuluh, dan pun cabai. Bumbu halus & rempah ditumis hingga harum lantas ikan dimasukkan. Terakhir, santan dituangkan dan dimasak sampai kuah mengental. Meskipun dimasak menggunakan teknik yg lumayan sederhana tetapi cita rasa menurut gulai masam ini sangatlah menarik hati.

Untuk menyantap cita rasa gulai masam kamu dapat datang ke Warung Nasi Khas Melayu “Gonjor” yang sedang pada Pasar Rodi, Pekan Selesai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Rekomendasi lainnya ialah Rumah Makan Putri Kualuh yang sedang di Jalan Sisingamangaraja No. 41, Medan, Sumatera Utara.

12. Nasi Bakar Sombang

Menu kuliner khas Deli Serdang, Sumatera Utara ini adalahhidangan nasi yang dimasak menggunakan bumbu tertentu & lantas dibakar. Rasa nasi semakin nikmat sebab diberi ekstra ikan teri. Sebagai lauknya, nasi bakar ini juga dapat disantap bersama ayam mogap & sambal hijau sampai-hingga cita cita rasanya semakin menyeluruh & sempurna.
Menu nasi bakar ini bisa engkau rasakan pada Restoran Kampoeng Deli yg sedang di Jalan Kapten Muslim No. 27, Kota Medan, Sumatera Utara.

13. Nasi Perang

Menu nasi yang satu ini adalah salah satu makanan spesial Deli Serdang, Sumatera Utara yg telah semakin jarang ditemukan. Olahan nasi ini tak jarang dibungkus menggunakan daun pisang & terdiri berdasarkan nasi, sambal, dan pun lauk.
Kombinasi rasa yg disajikan nasi perang ini begitu menggugah kesukaan. Seporsi nasi perang cukuplah bikin mengganjal perut yang sedang lapar, jika masih tidak cukup kamu bisa nambah lagi!

Seporsi nasi perang yg lumayan menarik hati dapat kamu rasakan di Warung Nasi Perang Wak Neng yg sedang di Jalan Sunggal, Sei Sikambing B, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara.

14. Lehedalo Nifange

Hidangan khas menurut Nias, Sumatera Utara ini menyajikan sensasi rasa yg tidak mengecewakan unik karena terbuat berdasarkan bahan daun talas yg lantas dimasak dengan bumbu rendang. Menu ini pun dikenal menggunakan sebutan rendang talas dan tak jarang tersaji bersama sagu ataupun nasi.

Meskipun tercipta menurut daun talas tetapi cita rasa rendang pada dalamnya tidak kalah lezat guna disantap. Kuliner tradisional ini adalahsalah satu menu yg telah sporadis ditemukan. Biar tidak bertanya-tanya menggunakan rasanya, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di tempat tinggal .

15. Silio Guro

Hidangan tradisional yg satu ini sekilas serupa dengan pepes ikan bakar yg tidak sedikit dijumpai pada sekian banyak wilayah di Indonesia. Namun bertolak belakang dari pepes ikan pada biasanya, masakan spesial Nias ini tercipta berdasarkan udang.

Daging udang yg akan dipakai digiling dan dibaur dengan parutan kelapa yg telah dibumbui baru kemudian dibalut menggunakan daun pisang & dihanguskan hingga matang. Cita rasa udang yang gurih terasa semakin nikmat saat dipadukan menggunakan parutan kelapa berbumbu yang kaya rempah. Sangat sinkron disantap bersama sepiring nasi putih yang masih hangat.

Untuk merasakan silio guro nan legit ini kamu bisa mencari rumah santap spesial Nias, salah satunya merupakan Rumah Makan Adifa yang sedang di Telukdalam, Sumatera Utara.

16. Kofo-Kofo

Kuliner tradisional berbahan ikan ini adalahsalah satu kuliner spesial Nias, Sumatera Utara yang sinkron buat mendampingi menu santap siangmu. Kofo-kofo diciptakan berdasarkan daging ikan yang sudah dikuliti dan ditumbuk halus.
Hasil tumbukannya kemudian dibaur dengan bumbu dan telur baru lantas digoreng. Selanjutnya olahan ikan tadi dapat dimasak bareng kuah santan menggunakan bumbu rempah yang khas sampai-hingga cita cita rasanya semakin menggugah kesukaan.

17. Holat Ikan Nila

Menu tradisional ini konon adalahhidangan seluruh raja di Tapanuli Selatan & jenis ikan yang digunakan adalah ikan jurung. Namun lantaran dalil hemat, menu ini menggunakan ikan nila menjadi gantinya.
Ikan nila yang sudah dihanguskan tersaji bareng kuah holat yg kaldunya asal menurut kulit flora balakka & sejumlah tunas rotan, menggunakan cita rasa nir banyak getir tetapi cantik ketika disantap bareng kuahnya.
Hidangan tradisional ini bisa engkau rasakan pada Rumah Makan Holat dan Gulai Asam Ikan Baung Bung Rizal & M. Br. Regar yg sedang pada Jalan SMA Negeri dua Medan, Sumatera Utara.

18. Tambeye

Makanan tradisional menurut Nias, Sumatera Utara ini adalaholahan beras ketan yang dimasak menjadi ketupat hingga-sampai cita cita rasanya sedikit bertolak belakang dari ketupat biasa. Untuk menyantap tambeye ini kamu dapat mampir ke Eks Pasar Gomo pada Nias, Sumatera Utara.

19. Itak Gurgur

Kuliner spesial Batak ini acapkali tersaji pada upacara adat dengan cita rasa legit manisnya yang tidak mengecewakan menggoda. Itak sendiri adalahsebutan guna beras yang dihaluskan secara tradisional menggunakan menggunakan lesung dan alu.

Kue yg terlihat mudah ini diciptakan menurut bahan tepung beras, parutan kelapa, dan gula merah. Ketiga bahan itu lalu dibaur sebagai satu & telah dapat buat dimakan.

Sementara apabila disusun secara manual menggunakan kepalan tangan dikenal menjadi pohul-pohul.
Meskipun penganan ini sudah siap guna dihidangkan tanpa butuh dimasak, tetapi terdapat pun yang lantas dikukus dan dikenal dengan sebutan ombus-ombus.

log in

reset password

Back to
log in