free html hit counter Makanan Khas Solo TerEnak

Makanan Khas Solo TerEnak


Makanan Khas Solo TerEnak

Solo merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang tenar dengan kebiasaannya. Kota yang menaruh banyak cerita sejarah ini memang benar-benar menarik untuk dikunjungi. Kota solo juga tenar akan keramahan penduduknya. Berkunjung ke kota Solo benar-benar kurang komplit rasanya seandainya tak mencoba nikmatnya makanan khas Solo. Tiap daerah tentu mempunyai masakan yang berbeda dengan daerah lainnya sebab ini merupakan salah satu ciri khas sebuah daerah, sama halnya dengan Solo yang menaruh pelbagai masakan khas Solo yang tentunya benar-benar sayang seandainya tak coba dicicipi. Kali ini makananoleholeh.com berkeinginan berbagi kurang lebih 10 makanan khas solo yang enak seperti nasi liwet solo, selat solo, timlo solo dan masih banyak yang lainnya. Bagi penggemar liburan masakan tentu ini hal yang benar-benar dinanti-nanti. Telah tak sabar apa saja liburan masakan khas solo tersebut, yuk simak lebih lengkapnya dibawah ini.

Daftar makanan absah Solo yang pertama yang benar-benar tenar merupakan nasi liwet. Nasi liwet merupakan sebuah hidangan yang terdiri dari nasi gurih yang dipadukan bersama dengan sayuran jipang, telur, daging ayam, santan ketahui, opor serta sebagian bahan makanan lain. Nasi liwet disajikan dengan menggunakan daun pisang. Cara penyajiannya juga terbilang unik sebab daun pisangnya ditekuk serta disematkan menggunakan lidi agar berbentuk seperti kerucut. Masyarakat menyebutnya dengan pincukan. Banyak sekali warung makan di Solo yang menjual nasi liwet, kamu bisa datang ke daerah mangkunegaran, disana banyak sekali penjual nasi liwet. Untuk harganya nasi liwet ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp.15.000, bagaimana cukup murah bukan?

  •  Selat Solo

Daftar masakan dari Solo yang kedua ini memang benar-benar tenar. Selat solo ini juga menjadi menu yang dihidangkan terhadap Raja Salman dikala sedang datang ke Indonesia. Satu porsi selat solo terdiri dari sebagian makanan seperti irisan daging seperti steak, telur, potongan buncis, wortel kentang serta dilengkapi dengan kuah semur. Kata “selat” ini mempunyai arti dalam bahasa Jawa yang berarti “slaatje” yang dalam bahas Belanda berarti “Salad”. Menurut cerita yang beredar, pada zaman penjajahan dahulu warga pribumi Solo beratensi dengan santapan “Salad”. Nah sebab Selad kurang ideal dengan lidah pribumi maka dirombaklah salad ini menjadi Selat Solo yang tenar sampai kini.

  • Serabi Notosuman

Serabi merupakan masakan yang mirip dengan pancake dimana dalam satu adonan terdiri dari beras, santan, gula, garam serta daun pandan yang dipakai sebagai pewangi. Serabi mempunyai tekstur yang kental serta lembut dengan rasa yang legit. Serabi notosuman ini berbeda dengan serabi kebanyakan. Serabi notosuman dihidangkan tanpa adanya kuah manis serta mempunyai format tipis sehingga rasa santannya benar-benar pekat. Disebut dengan Serabi Notosuman sebab makanan khas Solo ini berkembang dengan cepat di daerah Notosuman semenjak tahun 1926. Ada banyak penjual serabi yang memaksimalkan usaha mulanya di daerah Notosuman, sehingga nama ini bahkan diadopsi menjadi nama makanan khas Solo.

  • Timlo Solo

Makanan Khas Solo Kumpulan Makanan Khas Indonesia
Timlo solo ini merupakan sajian yang berisi daging ayam, ati ampela ayam, sosis goreng khas solo. Serta yelur pindang khas kedai timlo. Nah sosis goreng khas Solo ini juga berbeda dengan sosis kebanyakan dimana sosisnya terbuat dari kulit lumpia atau risoles yang dilipat mirip dengan martabak serta digoreng.
Dalam satu lipatan sosis solo berisi daging ayam bagian dada yang disuwir. Sesudah itu gorengan sosis dihidangkan dalam potongan kecil. Sosis inilah yang membedakan makanan solo dengan macam makanan berkuah lainnya seperti soto serta sup.
Untuk harga timlo khas solo ini bisa dinikmati dengan mengeluarkan uang sebesar Rp.15.000 saja.


log in

reset password

Back to
log in