free html hit counter Mengenal Rack Server Dan Fungsinya

Mengenal Rack Server Dan Fungsinya


Mengenal Rack Server Dan Fungsinya
Sumber : https://pixabay.com/

Ada beberapa jenis komputer kasar di luar sana yang mendukung berbagai aplikasi militer, industri dan komersial yang berbeda. Namun, yang paling umum adalah Rack Server.

Komputer tangguh yang dapat digeser, dapat ditukar, dan bertenaga tinggi ini ideal untuk lingkungan dan program yang keras yang menekankan pada konservasi ruang, skalabilitas, kemampuan peningkatan, dan perluasan.

Dalam posting blog ini, kita akan membahas cara kerja Rack Server, berbagai ukuran Rack Server dan rak server, dan bagaimana Anda dapat memilih yang terbaik dari keduanya agar sesuai dengan program atau aplikasi Anda.

Rack Server Adalah

Rack Server adalah komputer yang dirancang untuk ditempatkan dalam struktur persegi panjang yang disebut rak server.

Keuntungan dari rack server termasuk konservasi ruang yang lebih baik untuk Rack Server, peningkatan skalabilitas, aliran udara yang dimaksimalkan ketika digabungkan dengan sistem pendingin dan kemudahan perawatan dan diagnostik komputer secara teratur, mengingat bahwa desain mereka memungkinkan teknisi dan operator untuk dengan mudah memasukkan Rack Server ke dalam dan dari mereka.

Seperti semua server, Rack Server menyediakan data dan layanan khusus untuk klien. Mereka biasanya ditemukan di pusat data yang penuh dengan lusinan, atau bahkan ratusan, rak server dan lemari rak server.

Server rak yang kokoh sering ditemukan di lapangan yang mendukung aplikasi militer dan industri.

Tersertifikasi untuk standar militer dan industri seperti MIL-STD-810H, MIL-STD-461, CE, FCC atau DO-160, mesin bertenaga tinggi yang andal ini telah diuji stres untuk menahan kondisi lingkungan yang keras, seperti sangat tinggi atau suhu rendah, getaran selama pengangkutan atau operasi, dan kelembapan di beberapa bagian dunia di mana kelembapan atmosfer tersebar luas.

Dalam program militer, Rack Server sering kali dapat ditemukan terletak di dalam casing Rack Server bersertifikasi MIL-STD-810 yang ringkas dan kokoh atau mendukung aplikasi komputasi tertanam.

Cara Kerja Rack Server

Secara mekanis, cara kerja Rack Server dapat meluncur masuk dan keluar dari rak server dengan mudah. Fitur ini sangat berguna, memungkinkan administrator sistem, teknisi, dan operator untuk mendiagnosis masalah teknis dan suku cadang hot-swap tanpa mematikan dan membongkar seluruh sistem. Fitur seperti itu sangat penting untuk program dan aplikasi yang sangat penting, di mana periode waktu henti yang lama dapat mengakibatkan kerugian finansial, cedera, atau bahkan kematian.

Secara komputasi, kinerja, sumber daya, dan layanan Rack Server dikhususkan untuk kebutuhan program atau aplikasi.

Instalasi militer jarak jauh di gurun mungkin memerlukan database rak, email, web, file, atau server aplikasi berkekuatan tinggi untuk mendukung komputasi di tempat dan akses ke sumber daya dan intelijen penting, sementara gudang komersial atau rig minyak industri dapat mengoperasikan rangkaian. Rack Server yang menyimpan dan memproses data dari kamera keamanan, komputer jalur perakitan, atau sistem kontrol fracking.

Ukuran Rack Server

Kebanyakan ukuran rack server memiliki lebar 19 inci dan dengan demikian dapat sesuai dengan konfigurasi rak server standar 19 inci. Rack Server industri biasanya hadir dalam konfigurasi 19 inci tetapi juga ditawarkan dengan lebar 23 inci dan 24 inci.

Ketinggian rak server dan Rack Server biasanya diukur dalam unit rak. Satu unit rak (U) sama dengan 1,75 inci.

Server racking adalah proses untuk menentukan berapa banyak server rack mount yang dapat ditampung oleh rak server.

Saat berbelanja komputer yang dipasang di rak, Anda akan sering melihat ukuran unit rak dinyatakan sebagai [angka] U.

Untuk menentukan tinggi server atau rak Anda dalam inci, cukup kalikan nomor unit rak dengan 1,75 inci.

Misalnya, Rack Server mungkin memiliki tinggi rak 1U, yang setara dengan 1,75 inci ruang vertikal; oleh karena itu, rak harus memiliki setidaknya dimensi rak 1U, atau setidaknya 1,75 inci ruang vertikal, agar Rack Server dapat meluncur ke dalamnya dengan benar.

Pertimbangkan Rack Server dengan dimensi rak 4U, yang setara dengan 7 inci ruang vertikal. Rak server kecil yang khas dengan tinggi rak 4U dapat menampung satu Rack Server 4U, yang berukuran 7 inci sempurna, tetapi juga dapat menampung:

  • Empat Rack Server 1U, membutuhkan ruang vertikal 1,75 inci per server
  • Dua Rack Server 2U, membutuhkan ruang vertikal 3,5 inci per server
  • Satu Rack Server 3U dan satu Rack Server 1U, masing-masing membutuhkan ruang vertikal 5,25 dan 1,75 inci
  • Satu Rack Server 2U dan dua Rack Server 1U, membutuhkan ruang vertikal 3,5 inci untuk server 2U dan ruang vertikal 1,75 inci untuk setiap server 1U

Biasanya, ada rack server yang jauh lebih tinggi daripada rak 4U.

Tinggi rak umum lainnya termasuk rak 42U dan 44U, yang masing-masing setara dengan 73,5 dan 77 inci dari ruang yang dapat digunakan. Anda dapat memasukkan banyak sekali Rack Server berukuran berbeda ke dalam rak setinggi ini, atau Anda dapat menggunakan dua puluh satu Rack Server 2U untuk rak 42U dan dua puluh dua server 2U untuk rak 44U.

Tetapi bahkan ada rak yang lebih tinggi dari 44U. Rack Solutions mengklaim Open Frame Server Rack $ 969 70U adalah “mungkin rak server tertinggi di dunia” yang memenuhi semua standar Electronics Industries Alliance (EIA). Bicarakan tentang kemungkinan.

Merk Rack Server

Merk Rack server yang Anda pilih akan bergantung pada kebutuhan perusahaan, program, atau operasi Anda.

Anda perlu menentukan berapa banyak server yang dibutuhkan proyek Anda, serta tinggi (RU) dan lebar rak server Anda. Bandingkan pengukuran ini dengan tinggi dan lebar server Anda untuk memilih ukuran rak yang sesuai.

Server rak yang terbaik untuk program atau operasi Anda akan bergantung pada sejumlah variabel yang telah kita bahas sebelumnya: ukuran, berat dan daya (SWaP), serta skalabilitas, perluasan, dan peningkatan kemampuan.

Umumnya, semakin besar servernya, semakin banyak opsi perluasan dan penyimpanan yang Anda miliki, tetapi perlu diingat bahwa, saat Anda menambahkan lebih banyak komponen, server semakin berat dan mungkin membutuhkan lebih banyak daya.

log in

reset password

Back to
log in