free html hit counter NTP Server Indonesia

NTP Server Indonesia


NTP Server Indonesia
Sumber : https://unsplash.com/

Network Time Protocol (NTP) adalah sebuah protokol yang digunakan untuk pengsinkronan pas di di dalam sebuah jaringan sanggup pada jaringan LAN (Local Area Network) maupun pada jaringan internet dan untuk sinkronisasi jam-jam proses computer di atas paket-switching, variabel-latency jaringan data. Proses sinkronisasi ini dijalankan di dalam jalan komunikasi information yang umumnya menggunakan protokol komunikasi TCP/IP. Sehingga proses ini sendiri sanggup diamati sebagai proses komunikasi information yang hanya laksanakan pertukaran paket-paket information saja. NTP server Indonesia menggunakan port komunikasi UDP nomor 123.

NTP (Network Time Protocol) merupakan sebuah protokol yang digunakan untuk mengsingkronkan pas antar komputer. Singkronisasi pas yang dijalankan oleh protokol ini benar-benar akurat sanggup meraih 10 milidetik untuk jaringan internet dan sanggup meraih 200 milidetik di dalam jaringan lokal. NTP sendiri berada di 2 sisi yakni sisi klien dan sisi server, kegunaan layanan di ntp adalah untuk mempaskan atau menyesuaikan pas yang tersedia cocok regional di mana mesin computer itu berada.

NTP server pun tidak berdiri sendiri, namun ntp server juga saling bersikronisasi bersama dengan server ntp lain nya, setiap server berada di level spesifik yang kerap disebut bersama dengan makna stratum .Terdapat 15 stratum, jadi kecil nilai stratum jadi tinggi kedudukan atau level nya . Level stratum di kalkulasi berasal dari angka 0 hingga 14, dan stratum 0 bukan server namun stratum ini adalah peralatan pas yang benar-benar presisi seperti jam atom yang membuka langsung bersama dengan server stratum 1.

Port NTP Server

Network Time Protocol telah dikembangkan untuk menjaga sinkronisasi komputer. Semua komputer cenderung menyimpang dan waktu yang akurat sangat penting untuk banyak aplikasi penting waktu.

Versi NTP diinstal pada sebagian besar versi Windows (meskipun versi yang telah dipreteli yang disebut SNTP -Simplified NTP- ada di versi yang lebih lama) dan Linux tetapi gratis untuk diunduh dari NTP.org.

Saat menyinkronkan jaringan, lebih baik menggunakan server NTP khusus yang menerima sumber waktu dari jam atom baik melalui transmisi radio spesialis atau jaringan GPS. Namun, banyak referensi waktu Internet tersedia, beberapa lebih dapat diandalkan daripada yang lain, meskipun harus dicatat bahwa sumber waktu berbasis Internet tidak dapat diautentikasi oleh NTP, membuat komputer Anda rentan terhadap ancaman.

Port NTP Server bersifat hierarkis dan disusun menjadi stratum. Stratum 0 adalah referensi waktu, sedangkan strata 1 adalah server yang terhubung ke sumber waktu stratum 0 dan stratum 2 adalah komputer (atau perangkat) yang terpasang ke server stratum 1.

Konfigurasi dasar NTP dilakukan dengan menggunakan file /etc/ntp.conf Anda harus mengeditnya dan menempatkan alamat IP server strata 1 dan stratum 2. Berikut adalah contoh file ntp.conf dasar:

server xxx.yyy.zzz.aaa lebih suka (alamat server waktu seperti time.windows.com)

server 123.123.1.0

server 122.123.1.0 stratum 3

Driftfile / etc / ntp / drift

File ntp.conf paling dasar akan mencantumkan 2 server, satu yang ingin disinkronkan juga dan alamat IP untuk dirinya sendiri. Ini adalah tata graha yang baik untuk memiliki lebih dari satu server untuk referensi jika ada yang mati.

Server dengan tag ‘prefer’ digunakan untuk sumber tepercaya yang memastikan NTP akan selalu menggunakan server tersebut jika memungkinkan. Alamat IP akan digunakan jika ada masalah saat NTP akan sinkron dengan dirinya sendiri. File drift adalah tempat NTP membuat catatan kecepatan drift jam sistem dan secara otomatis menyesuaikannya.

NTP akan menyesuaikan waktu sistem Anda tetapi hanya perlahan. NTP akan menunggu setidaknya sepuluh paket informasi sebelum mempercayai sumber waktu. Untuk menguji NTP cukup ubah jam sistem Anda setengah jam di penghujung hari dan waktu di pagi hari harus benar.

Google NTP Server

Google mengaktifkan sekumpulan server protokol waktu jaringan publik (NTP).

Anda akan menemukan server di time.google.com – yang menyelesaikan 216.239.35.0, alamat IP yang agak kurang cantik daripada 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 yang digunakan Google untuk server sistem nama domain publik (DNS). Ada juga time2.google.com di 216.239.35.4, time3. pada .8 dan waktu4. di .12.

Google mengatakan layanan baru ini untuk “siapa saja yang perlu menjaga jam lokal tetap sinkron dengan instance VM yang berjalan di Google Compute Engine, agar sesuai dengan waktu yang digunakan oleh Google API, atau untuk mereka yang hanya membutuhkan layanan waktu yang dapat diandalkan”.

Jika servernya dapat diandalkan seperti server DNS Google, mereka akan lebih dari cukup.

Google juga menjelaskan bagaimana server NTP-nya akan menangani detik kabisat, salah satunya akan menunda kedatangan 2017 sedetik.

“Tidak ada sistem operasi yang biasa digunakan yang mampu menangani satu menit dengan 61 detik,” kata Google, jadi “Daripada menambahkan satu detik ekstra di penghujung hari, kami akan menjalankan jam 0,0014% lebih lambat selama sepuluh jam sebelumnya dan sepuluh jam setelah lompatan kedua, dan “mengolesi” detik ekstra selama dua puluh jam ini. Untuk tujuan ketepatan waktu, 31 Desember akan tampak seperti hari lainnya. “

Tetapi tidak jika Anda menggunakan server NTP yang menggunakan metode lompatan kedua penanganan kedua. Pada halaman untuk layanan waktunya, Google mengatakan “Kami menyarankan Anda untuk tidak mengonfigurasi Google NTP Server Public bersama dengan server NTP non-lompatan-lompatan”.

log in

reset password

Back to
log in