free html hit counter Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer


Pengertian Jaringan Komputer
Sumber : https://unsplash.com/

Pengertian Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi bersama bertukar data. Tujuan berasal dari jaringan komputer adalah agar mampu raih tujuannya, tiap-tiap bagian berasal dari jaringan komputer mampu menghendaki dan mengimbuhkan sarana (service). Pihak yang meminta/menerima sarana disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim sarana disebut peladen (server). Desain ini disebut bersama proses client-server, dan digunakan terhadap hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Jaringan komputer adalah dasar komunikasi di bidang TI. Mereka digunakan dalam berbagai macam cara dan dapat mencakup berbagai jenis jaringan. Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang saling terhubung sehingga dapat saling berbagi informasi. Contoh paling awal dari jaringan komputer berasal dari tahun 1960-an, tetapi mereka telah berkembang pesat dalam setengah abad sejak saat itu.

Dua buah komputer yang tiap-tiap mempunyai sebuah kartu jaringan, lantas dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak proses operasi jaringan bakal membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila menginginkan sebabkan jaringan komputer yang lebih luas kembali jangkauannya, maka dibutuhkan peralatan tambahan layaknya Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaatnya

Menyiapkan jaringan komputer adalah cara yang cepat dan andal untuk berbagi informasi dan sumber daya dalam bisnis. Ini dapat membantu Anda memaksimalkan sistem dan peralatan TI Anda.

Pengertian Jaringan Komputer dan manfaatnya meliputi:

  • Berbagi file – Anda dapat dengan mudah berbagi data di antara pengguna yang berbeda, atau mengaksesnya dari jarak jauh jika Anda menyimpannya di perangkat lain yang terhubung.
  • Berbagi sumber daya – menggunakan perangkat periferal yang terhubung ke jaringan seperti printer, pemindai, dan mesin fotokopi, atau berbagi perangkat lunak di antara banyak pengguna, dapat menghemat uang.
  • Berbagi satu koneksi internet – ini hemat biaya dan dapat membantu melindungi sistem Anda jika Anda mengamankan jaringan dengan benar.
  • Meningkatkan kapasitas penyimpanan – Anda dapat mengakses file dan multimedia, seperti gambar dan musik, yang Anda simpan dari jarak jauh di komputer lain atau perangkat penyimpanan yang terhubung ke jaringan.

Jaringan komputer juga dapat membantu Anda meningkatkan komunikasi, sehingga:

  • staf, pemasok, dan pelanggan dapat berbagi informasi dan menghubungi dengan lebih mudah
  • bisnis Anda bisa menjadi lebih efisien – misalnya akses jaringan ke database umum dapat menghindari data yang sama dikunci berkali-kali, menghemat waktu dan mencegah kesalahan
  • staf dapat menangani pertanyaan dan memberikan standar layanan yang lebih baik sebagai hasil dari berbagi data pelanggan

Menyimpan informasi dalam satu database terpusat juga dapat membantu Anda mengurangi biaya dan mendorong efisiensi. Sebagai contoh:

  • staf dapat menangani lebih banyak pelanggan dalam waktu yang lebih singkat karena mereka berbagi akses ke database pelanggan dan produk
  • Anda dapat memusatkan administrasi jaringan, artinya lebih sedikit dukungan TI yang diperlukan
  • Anda dapat memotong biaya melalui berbagi periferal dan akses internet

Anda dapat mengurangi kesalahan dan meningkatkan konsistensi dengan meminta semua staf bekerja dari satu sumber informasi. Dengan cara ini, Anda dapat membuat versi standar dari manual dan direktori tersedia untuk mereka, dan mencadangkan data dari satu titik secara terjadwal, memastikan konsistensi.

Jenis Jaringan Komputer

Ada banyak sekali jenis jaringan komputer. Berikut ini adalah lebih dari satu tipe jaringan komputer yang barangkali sering Anda lihat.

LAN (Local Area Network)

LAN menghubungkan perangkat jaringan di dalam jarak yang relatif pendek. Sebuah gedung kantor, sekolah, atau rumah jaringan kebanyakan berisi satu LAN, walau kadang-kadang satu gedung dapat berisi lebih dari satu LAN kecil (mungkin satu per kamar), dan kadang-kadang LAN dapat menjangkau sekelompok bangunan di dekatnya. Dalam jaringan TCP / IP, LAN sering tapi tidak tetap diimplementasikan sebagai subnet IP tunggal.

Selain beroperasi di dalam area terbatas, LAN juga kebanyakan dimiliki, dikendalikan, dan dikelola oleh satu orang atau organisasi. Mereka juga cenderung memanfaatkan teknologi konektivitas tertentu, khususnya Ethernet dan Token Ring.

Ada juga LAN yang memanfaatkan teknologi jaringan wireless dengan Wi-Fi dan dikenal dengan nama Wireless Local Area Network (WLAN).

MAN (Metropolitan Area Network)

MAN adalah jaringan komputer yang menghubungkan dua atau lebih jaringan LAN di di dalam kota yang sama. Kalau jarak yang menghubungkan dua LAN telah tidak barangkali untuk membangun jaringan, maka jaringan MAN digunakan. Ini lebih besar berasal dari LAN tapi lebih kecil berasal dari WAN. MAN memanfaatkan perangkat tertentu dan kabel untuk menghubungkan LAN.

WAN (Wide Area Network)

WAN juga bisa dibilang sebagai kumpulan LAN yang tersebar secara geografis. Perangkat jaringan yang disebut router menghubungkan LAN ke WAN. Dalam jaringan IP, router menyimpan alamat LAN dan alamat WAN.

WAN tidak serupa berasal dari LAN di dalam lebih dari satu hal penting. Sebagian besar WAN (seperti Internet) tidak dimiliki oleh satu organisasi, melainkan tersedia di bawah kepemilikan dan pengelolaan kolektif atau terdistribusi. WAN cenderung memanfaatkan teknologi seperti ATM, Frame Relay dan X.25 untuk konektivitas jarak yang lebih jauh.

PAN (Pearson Area Network)

Sama seperti jaringan LAN, PAN kebanyakan mencakup wilayah yang lebih kecil seperti seandainya jaringan rumah atau kantor. Biasanya tipe jaringan ini digunakan untuk share resources seperti Internet atau printer.

CAN (Campus Area Network)

CAN bisa dibilang sama dengan MAN, tapi terbatas terhadap universitas atau akademi. Jaringan ini kebanyakan disiapkan untuk aktivitas pendidikan seperti pembaruan kelas, praktik lab, email, ujian, pemberitahuan, dan lain lain.

Internet

Internet adalah jaringan komputer terbesar yang pernah dibuat oleh manusia. Internet menghubungkan jutaan perangkat komputasi juga PC, Laptop, Workstation, Server, Smartphone, tablet, TV, Webcam, CCTV dan masih banyak lagi. Menurut laporan yang diterbitkan terhadap Januari 2018, tersedia 2150 juta sistem akhir yang mengakses dengan internet. Untuk menghubungkan perangkat ini, banyak teknologi dan infrastruktur yang digunakan. Internet terbuka untuk semua orang. Karena siapa saja bisa mengakses ke internet, internet juga diakui sebagai jaringan yang paling tidak aman.

VPN (Virtual Private Network)

VPN adalah solusi untuk sedia kan koneksi Internet yang aman. Sebagai contoh, sebuah perusahaan miliki dua kantor; satu di Jakarta dan lainnya di Bandung. Dalam hal ini perusahaan bisa memanfaatkan VPN untuk menghubungkan ke-2 kantor tersebut. VPN membawa dampak jalur aman di Internet dan bisa digunakan untuk transmisi data.

log in

reset password

Back to
log in