free html hit counter Peran Ayah Dalam Perkembangan Anak Perempuan

Peran Ayah Dalam Perkembangan Anak Perempuan


peran ayah dalam perkembangan anak perempuan
peran ayah dalam perkembangan anak perempuan

peran ayah dalam perkembangan anak perempuan – Menjadi papa pertama kali, merupakan hal yang mengasyikkan dan menegangkan bagi kaum pria. Komunikasi antara papa dan bayi perlu terjalin erat dibarengi dengan pertumbuhan sang buah hati.

Penelitian berasal dari Kanada tunjukkan bahwa calon papa mengalami pergantian biologis dan hormonal untuk mempersiapkan dirinya jadi orangtua. Hormon testoteron pada calon papa dapat menurun, sedangkan hormon prolaktin dan kortisol (keduanya terjalin dengan hormon pada ibu hamil) dapat meningkat pada 3 minggu sebelum saat bayi lahir. Hal ini tunjukkan bahwa tubuh papa telah mempersiapkan dirinya untuk mampu jadi orangtua sejak bayi belum lahir.

Sebelum bayi lahir, calon papa mampu terasa membangun ikatan dengan langkah menyanyikan lagu atau membacakan buku kala bayi masih dalam kandungan. Hal ini menunjang agar bayi mampu mengenal suara ayah. Menemani ibu periksa ke dokter termasuk mampu menunjang membangun pertalian dengan janin. Ibu hamil tentu termasuk terasa mendapat dukungan oleh suami dan hal ini positif untuk pertumbuhan kebugaran ibu. Ikuti tiap-tiap pertumbuhan berasal dari kehamilan ibu. Sehingga setelah bayi lahir, papa tidak terlampau sukar untuk menjalin ikatan dengan bayi.

Peran Ayah Dalam Perkembangan Anak Perempuan

Menemani ibu kala melahirkan adalah awal yang baik dalam membangun ikatan antara papa dan bayi. Penelitian tunjukkan bahwa papa yang menemani ibu melahirkan dan menyentuh bayinya setelah lahir mempunyai ikatan ayah-bayi yang nyaris sama dengan ikatan yang dialami ibu-bayi pada sebagian minggu pertama setelah kelahiran. Ayah yang banyak menggunakan kala dengan bayi selama bulan-bulan pertama setelah kelahiran mampu membangun pertalian baik antara ayah-bayi sampai bayi tumbuh lebih besar.peran ayah dalam perkembangan anak perempuan

Berikut sebagian langkah menjalin ikatan antara papa dan bayi baru lahir:

Melalui sentuhan

Saat minggu-minggu pertama setelah bayi lahir, sentuhlah bayi kapanpun papa bisa, dan tatap matanya. Kekuatan sentuhan mampu membawa dampak kedekatan antara papa dan bayi. Sentuhan antara kulit papa dan kulit bayi termasuk diperlukan, bukan cuma sentuhan antara kulit ibu dan bayi saja. Ayah mampu menggendong bayi dan menempatkan bayi pada dada papa agar membawa dampak bayi nyaman. Bayi mampu mendengar detak jantung papa dan itu menunjang bayi untuk menjaga temperatur tubuhnya.

Menghabiskan banyak kala dengan bayi adalah langkah paling baik untuk menjalin ikatan antara papa dan bayi.

Memandikan, memakaikan baju, dan mengambil alih popok

Ayah termasuk mampu menunjang ibu memandikan, memakaikan baju, dan mengambil alih popok bayi. Hal ini termasuk menunjang menjalin ikatan antara papa dan bayi. Semakin kerap papa terlibat dalam mengurus bayi, jadi gampang papa untuk menjalin ikatan dengan bayi. Mungkin kala pertama menggendong bayi, memandikan, memakaikan baju, dan menggantikannya popok, papa was-was tidak benar dan melukai bayi dikarenakan papa terasa bayi terlampau rapuh. Tetapi, jangan dikarenakan was-was agar papa tidak melakukannya.

Melakukan kekeliruan adalah wajar. Jika papa tetap mencobanya berkali-kali, tentu bersamaan kala  ayah dapat mampu melakukannya dengan baik.

Menemaninya tidur

Menidurkan bayi dan menemaninya tidur termasuk tidak benar satu langkah untuk menjalin ikatan dengan bayi. Ayah mampu menidurkan bayi sambil menyanyikan lagu atau membacakan cerita untuk bayi. Hal ini termasuk menunjang agar bayi akrab dengan suara ayahnya, agar tiap-tiap bayi mendengar suara ayah, bayi mengerti ia tengah dengan papa dan terasa nyaman.

Bermain bersama

Bermain dengan bayi adalah hal yang menyenangkan. Ayah mampu membawa dampak muka lucu, tingkah lucu, bermain pesawat, bermain “ciluk ba”, dan lain sebagainya yang membawa dampak bayi tersenyum dan tertawa. Ayah mungkin mampu jadi orang pertama yang mampu membawa dampak bayi tersenyum. Melihat bayi tersenyum merupakan suatu kebahagiaan tersendiri untuk ayah. Ayah mampu jadi orang yang mengasyikkan di mata bayi. Dan hal ini terlampau menunjang dalam menjalin kedekatan antara papa dan bayi.

Saat bayi telah pulang ke rumah, mungkin  ayah dapat repot lagi ke rutinitasnya sehari-hari. Ayah dapat bekerja dan pulang malam. Jangan khawatir, papa dapat selalu mampu menjalin ikatan dengan bayi. Ayah mampu bermain dengan bayi setelah pulang kerja. Saat malam tiba, papa mampu menemani bayi tidur dan menjaganya selama malam. Berada di dekat bayi dan menyentuhnya membawa dampak bayi tidur dengan nyaman.

Setiap kala yang dihabiskan dengan antara papa dan bayi mampu jadi investasi emosional untuk jaman depan dalam membangun pertalian antara papa dan bayi.

Pada umumnya, anak dapat lebih dekat dengan ibunya. Meski tersedia termasuk sebagian anak dekat dengan Ayah.

Menurut Dr. Kyle Pruett, bimbingan segera berasal dari papa dalam proses belajar mampu memberi dampak positif pada pertumbuhan fisik, kognitif, emosi, dan tradisi atau sikap anak. Anak sebenarnya melacak kenyamanan berasal dari figur seorang ibu, tetapi ia selalu perlu pertalian yang intensif dengan ayahnya.

ANAK MEMILIKI IQ LEBIH TINGGI

Sebuah penelitian yang dilakukan Oxford University tunjukkan bahwa tersedia kaitan antara kedekatan papa dan anak dengan kesuksesan akademisnya di sekolah.

Hal ini diperkuat oleh pengakuan Dr. David Popenoe, sosiolog dan Co-Director di The National Marriage Project Rutgers, The University of New Jersey, yang menyatakan bahwa anak yang banyak berinteraksi dengan ayahnya mempunyai IQ lebih tinggi dibanding anak yang tak memadai berinteraksi dengan sang ayah.

Berikut ini sebagian langkah yang mampu Bunda jalankan agar anak dekat dengan ayahnya:

1. MENGGANTI POPOK

Ini adalah hal dasar yang perlu dimiliki para ayah. Anda perlu mengerti kapan dan bagaimana mengganti popok bayi. Terutama, perhatikan ketika mereka telah terasa tidak nyaman dan kerap rewel.

2.AYAH SIAGA DI MALAM HARI

Intensitas aktivitas sang papa seharian membuatnya tak mempunyai banyak kala untuk dihabiskan dengan sang buah hati. Maka, sebelum saat suami terlampau beristirahat, Bunda mampu memberinya kesempatan untuk siaga. Misalnya dengan melepas ayahnya mengurus bayi seperti mengganti popok atau memberi susu formula. Ketika mereka berinteraksi, bayi dapat mengerti dan belajar mengetahui suara ayahnya.

3. MEMELUK DAN MENGGENDONG

Pelukan dan dekapan dapat menjalin kedekatan emosional. Inilah yang banyak berjalan pada anak dan bundanya. Ayah pun mampu melakukannya. Misalnya saja ketika anak atau bayi rewel, maka Bunda mampu sekaligus meminta perlindungan sang papa untuk menenangkannya dengan menggendong.

4. MEMBERI MAKAN

Bisa jadi ini tugas yang paling menakutkan bagi para ayah. Pastinya, kala memberi makan si kecil, butuh kesabaran dan toleransi pada anak. Anda mampu mengambil alih tugas istri untuk menyuapi si kecil dengan mengajaknya bermain atau membacakan cerita sambil makan.

5. TOLERANSI

Anda perlu ‘melatih’ rasa toleransi pada anak sekiranya kala ia rewel dan menginginkan Anda gendong dikarenakan pada dasarnya mereka cuma menginginkan mendapat kasih sayang berasal dari Anda.

6. BERMAIN

Bermain dengan anak mampu menunjang membangun ikatan batin antara anak dan Anda. Jika si kecil berusia di bawah empat tahun, mainan sederhana yang mampu dilakukan sekiranya peek-a-boo. Jika ia telah berusia di atas empat tahun, Anda berdua mampu memainkan sebagian mainan yang tentu saja lebih ‘menantang’.

7. MERAWAT ANAK

Tak cuma mengganti popok, aktivitas menjaga anak yang mampu mendekatkan Anda dengan si kecil yaitu dengan mandi bersama. Atau yang lebih sederhana yaitu membiasakan diri untuk memandikan si kecil.

8. BERI SARAN DAN BICARA

Sebagai figur seorang ayah, Anda perlu memberi pengertian berupa anjuran dan penjelasan pada anak ketika ia hadapi masalah. Namun, ketika anak belum mampu bicara, ingatlah bahwa dia mampu mengerti perkataan Anda.

8. MENJADI PANUTAN

Anak-anak terlampau mencerminkan orang tuanya. Oleh dikarenakan itu, berilah perumpamaan yang baik sejak anak masih kecil, lebih-lebih ketika mereka beranjak besar, selalu perhatikan tiap-tiap perkataan dan tingkah laku Anda.

9. BERI DUKUNGAN

Setiap pilihan anak asalkan tidak menyimpang, sebaiknya Anda dukung. Tak tersedia salahnya kalau Anda jadi papa yang demokratis bagi anak. Jangan pernah memaksakan tekad dikarenakan tidak tersedia kemampuan yang lebih besar untuk seorang anak daripada perlindungan ayahnya.

10. MENIDURKAN BAYI DENGAN NYANYIAN

Bayi terlampau senang mendengar suara yang menenangkannya agar lebih nyaman. Daripada pakai musik, Bunda mampu meminta suami untuk meninabobokan sang buah hati dengan senandungnya. Dengan begitu, bayi dapat merekam suara sang papa agar lebih familiar, dan termasuk menunjang pertumbuhan emosionalnya.

11. ADA SAAT SAKIT

Ketika sakit perasaan seseorang dapat lebih sensitif, begitu termasuk dengan anak-anak dan bayi. Dengan lihat dan mengerti ke-2 orangtua, lebih-lebih ayahnya tersedia di sisinya, maka anak dapat terasa lebih aman dan nyaman, dan juga terasa lebih dekat.

Yang Harus dilakukan Oleh ibu adalah Beritahukan Setiap Perkembangan Anak pada Suami

Pada tiap-tiap momen komunikasi yang Bunda mempunyai dengan suami tiap-tiap harinya, jangan lupa untuk menceritakan pertumbuhan sang buah hati. Apa saja kebisaan barunya, bagaimana keadaannya, dan juga apa saja yang mampu membawa dampak sang papa turut dilibatkan dan mempunyai gambaran harian aktifitas anak-anaknya. Dengan begini, Bunda telah menunjang suami untuk selalu terasa dekat dengan anak-anaknya. Bahkan sang papa mampu tersemangati dan termasuk turut berencana yang paling baik bagi buah hatinya lebih berasal dari yang mampu Bunda bayangkan.

Tanpa perlindungan dan stimulus Bunda semua hal itu sukar terwujud. Jangan beranggap “Kasian suamiku telah bekerja seharian, lebih baik dia istirahat agar lebih fit besok.”. Kasihan boleh saja, tetapi anak tak kalah penting. Kedekatan pertalian yang terbina sejak kecil, dapat menunjang anak mengerti kasih sayang yang sebenarnya, dan tanpa canggung pula menunjukkannya.


log in

reset password

Back to
log in