free html hit counter Tanaman Hias Daun Yang Cantik Dan Menenangkan

Tanaman Hias Daun Yang Cantik Dan Menenangkan


tanaman hias daun
tanaman hias daun

tanaman hias daunJenis-jenis tanaman hias daun perlu kau ketahui kalau kamu dambakan menata taman. Memang ada banyak sekali style tanaman hias yang sanggup jadi opsinya, tapi tanaman hias yang tawarkan keunikan pada daunnya lebih dari satu atau keliru satunya perlu dipilih.

Dengan jelas apa saja pilihannya dan juga lebih baik ulang jelas apa ciri-cirinya, kamu sanggup jelas mana yang perlu dipilih dan juga mana yang cocok dengan selera. Kamu terhitung sanggup memilih apakah tanaman yang mudah dirawat atau yang ribet yang sebaiknya dipilih.

Apapun pilihannya segera kamu ketahui, karena di artikel ini kamu bakal mendapatkan sebanyak 20 tanaman hias yang unik pada daunnya. Ada yang ukurannya besar, ada yang kecil. Ada yang warnanya hijau, ada yang anti hijau. Ada yang murah, ada yang mahal.

Kamu terhitung bakal diberitahu bagaimana langkah merawatnya, karena anggota ini adalah anggota terpenting didalam memiliki sebuah tanaman. Apalagi tanaman yang kamu memiliki adalah tanaman hias, terlampau perlu untuk dirawat supaya tidak mati begitu saja.

Cara Merawat Tanaman Hias Daun

Untuk memiliki tanaman hias daun memang bukan merupakan bisnis yang sembarangan. Mencarinya kemungkinan agak susah, harganya kemungkinan lebih mahal, merawatnya pun agak ribet. Supaya tanaman hias kamu nanti bertahan lama, berikut lebih dari satu langkah merawatnya.

1. Ketahui Kadar Air yang Dibutuhkan

Pertama-tama kamu perlu jelas tanaman hias yang kamu memiliki ini memerlukan kandungan air yang seberapa. Cara mengetahuinya adalah sanggup dengan bertanya kepada penjualnya, sanggup terhitung dengan melacak informasi di internet.

Ya, kamu jelas sanggup mempercayakan internet untuk urusan tanaman hias. Sudah ada banyak sekali sumber yang mengupas satu per satu perawatan tanaman hias.

Ini perlu untuk diketahui, karena penyiraman memang terlampau berpengaruh pada kelangsungan tanaman hias kamu. Apakah ia memerlukan sedikit air atau banyak air. Apakah ia perlu tanah yang lembab atau yang kering.

Seperti bila tanaman euphorbia dengan kamboja. Dua tanaman hias ini adalah tanaman yang tidak memerlukan banyak air, maka jangan sampai kelebihan air yang ia dapatkan.

Lain cerita dengan tanaman suplir dan tanduk rusa, dua tanaman ini memerlukan banyak air supaya penyiramannya jangan sampai terlupa. Berlaku terhitung untuk tanaman lainnya, pastikan berapa kandungan air yang dibutuhkan.

2. Siram Air Secukupnya

Kamu telah jelas berapa kandungan air yang diperlukan oleh tanaman hias kamu. Selanjutnya patuhi saja arahan kandungan air yang dibutuhkannya supaya hidupnya semakin terjamin.

Jika itu merupakan tanaman hias yang tidak memerlukan banyak air maka beri sedikit air di tiap-tiap harinya. Jika memerlukan banyak air maka sirami demikian.

Perhatikan terhitung intensitas penyiraman yang ia butuhkan. apakah perlu disirami tiap-tiap hari, sekali didalam dua hari, atau intensitas yang lainnya. Hal ini perlu supaya tanaman kamu tidak mengering karena kekurangan air.

Juga tidak mati atau membusuk karena kebanyakkan air. Dengan demikian, harapan untuk tanaman hias supaya sanggup bertahan lama sanggup terjaga.

3. Jangan Biarkan Air Menggenang

Kamu memang telah dianjurkan untuk menyiram air secukupnya saja. tapi kamu terhitung perlu menegaskan supaya tanaman hias yang kamu memiliki tidak tergenang air.

Apalagi kalau tanaman hias yang kamu rawat ini memiliki ukuran pot yang besar dan tanamannya tenggelam. Sangat besar kemungkinan tanaman bakal tergenang. Untuk menjauhi hal ini, kamu sanggup menyiramnya secara perlahan.

Caranya sanggup dengan sedikit-sedikit memberikannya air atau lakukan penyiraman secara berkala. Maksudnya adalah dengan memberi air sedikit, berubah ke tanaman lain, ke tanaman lain lagi, baru menyiram tanaman di awal tadi.

4. Menyiram Secara Merata

Kamu boleh saja buru-buru sementara menyiram tanaman biasa, tapi jangan sampai hal ini berjalan pada tanaman hias. Kamu terlampau dianjurkan untuk menyiram tanaman secara merata.

Tujuannya pasti saja supaya seluruh anggota pada akar mendapatkan air, tak bakal ada anggota yang ada masalah mendapatkan air. Sebab, kalau ada anggota akar yang ada masalah mendapatkan air maka pertumbuhannya sanggup kurang sempurna.

Sensitivitas ini tidak dimiliki seluruh style tanaman hias. Namun memang ada lebih dari satu tanaman hias yang sifatnya terlampau peka supaya penyiramannya terlampau perlu hati-hati.

5. Rutin Rotasi Tanaman

Rutin merotasi tanaman adalah langkah sesudah itu untuk memelihara tanaman. Tanaman memerlukan paparan cahaya matahari yang menyeluruh dan juga perkembangan yang sempurna.

Tanaman hias yang terus menerus berada di pojok kemungkinan ada masalah mendapatkan cahaya matahari supaya pertumbuhannya membelok. Jika demikian, maka tanaman berikut memerlukan rotasi atau ubah tempat.

Rotasi ini sebaiknya dikerjakan secara rutin, tapi bukan berarti tiap-tiap saat. Bisa dikerjakan satu bulan sekali atau dua bulan sekali. Tujuannya jelas, supaya tanaman sanggup tumbuh dengan arah yang benar dan mendapatkan cahaya matahari.

6. Menjaga Kualitas Tanah

Kamu perlu sanggup jadi mutu tanah. Usaha ini sanggup diawali sejak pertama kali menanam tanaman hias tersebut. Setelah membelinya dari toko atau pasar tanaman, kamu bakal memindahkannya ke pot atau lahan di taman kamu.

Saat memindahkan ini, pastikan tanahnya adalah tanah yang berkualitas. Jika kamu belum jelas bagaimana ciri tanah yang berkualitas, maka ketahuilah bahwa tanah yang berkualitas adalah campuran dari tanah gembur dengan pupuk kompos.

Sebenarnya tak perlu pupuk kompos, sanggup terhitung dipilih pupuk style lain. Jika kuatir salah, kamu sanggup menanyakannya ke penjual tanaman hias yang kamu beli.

7. Memberi Pupuk

Memberi pupuk memang tidak sanggup dijadikan langkah memelihara yang digeneralisir. Sebab memang ada tanaman hias yang memerlukan pemupukan, tapi terhitung ada yang tidak membutuhkan.

Ada yang tidak memerlukan karena sanggup selalu bertahan hidup kalau tidak diberi, ada terhitung yang tidak memerlukan karena tidak sanggup menerimanya. Contohnya saja tanaman tanduk rusa. Hidupnya menempel, tidak sanggup diberi pupuk.

Jadi, apakah diberi pupuk atau tidak sifatnya terlampau menyesuaikan dengan tanaman hias yang bersangkutan. Namun untuk tanaman hias yang memang membutuhkan, maka beri saja secara berkala supaya pertumbuhannya sempurna.

Macam-Macam Tanaman Hias Daun

Berikut satu per satu tanaman hias yang uniknya pada daunnya. Beberapa diantaranya terhitung memiliki keunikan di anggota lain. Simak saja ciri-cirinya satu per satu supaya jelas mana yang paling kamu suka.

1. Keladi Red Star (Caladium bicolor)

Tanaman yang berasal dari genus caladium ini tak hanya memiliki daun yang berwarna hijau saja. Daunnya adalah perpaduan warna pada hijau dan merah? Meski begitu warna merah lah yang dominan, kamu pasti bakal kagum.

Keunikan dari keladi red star sebagai tanaman hias daun tak hanya terletak pada warna daun saja. Di daunnya kamu bakal melihat urat-urat yang menghias. Sama halnya di anggota datang, warnanya kemerahan dan ada belang-belang warna hitam.

Selai urat yang menghias, terhitung ada style lebih tertentu dari keladi red star yang memiliki daun berwarna putih dengan totol bintang-bintang di atasnya yang berwarna merah.

Warna merah pada daun keladi red star hanya bakal terlihat kalau terkena cahaya matahari penuh. Jadi, pastikan kamu benar sementara menaruhnya. Menyiraminya pun perlu ke tanahnya, tidak boleh segera ke daun.

2. Kuping Gajah

Kamu pasti telah tak asing ulang dengan tanaman kuping gajah. Tanaman yang satu ini memiliki daun yang besar dan halus ketika diraba karena ada bulu-bulunya. Keunikannya terletak pada daunnya.

Warna dasar daunnya adalah hijau tua, tapi ada urat-urat berwarna putih yang terlampau jelas di sana. Tanaman dengan nama ilmiah Anthurium crystallinum ini tidak layaknya keladi red star yang selalu memerlukan cahaya matahari.

Untuk memelihara kuping gajah tidak sanggup dikerjakan di full outdoor, tanaman ini memerlukan area yang teduh dengan kata lain tidak boleh terpapar matahari langsung. Sebab kalau demikian, ia sanggup cepat mati.

3. Pakis Sarang Burung

Nama lain pakis sarang burung adalah kadaka, jangan bingung kalau ada yang menyebutnya dengan nama lain. Pakis sarang burung sebagai anggota keluarga pakis memiliki keunikan. Ciri-ciri daunnya lah yang membuatnya unik.

Tadinya, pakis sarang burung dianggap sebagai tanaman hias yang hanya mengganggu saja. Namun setelahnya, jadi disadari tanaman ini lumayan indah dan akhirnya banyak diburu orang.

Bentuk daunnya layaknya ekor ayam, tumbuh memanjang dari tanah ke atas. Panjang daunya sanggup menggapai 30 sentimeter. Semakin besar dan semakin unik wujud daunnya biasanya dijual dengan harga lebih mahal.

4. Suplir

Suplir pasti saja masuk didalam daftar tanaman hias daun kali ini. Untuk kamu yang melacak tanaman hias dengan nuansa terlampau menyegarkan, sanggup memilih suplir. Suplir memang memiliki banyak alasan mengapa sanggup memberi tambahan kesan segar.

Warna daun di tanaman suplir adalah hijau muda yang terlampau terang. Bentuk daunnya kecil, tumbuh hampir di seluruh anggota tanaman ini. untuk memelihara suplir rupanya agak ribet.

Sebenarnya bisa-bisa saja dirawat secara sembarangan. Hanya saja nantinya suplir tidak sanggup memberi tambahan kesan segar. Apa yang diperlukan tanaman ini adalah area yang teduh dan juga kering. Jangan sampai tanahnya basah atau lembab.

5. Lidah Mertua

Hampir seluruh tanaman hias daun memiliki keunikan sebagai daya tarik tersendiri. Sama halnya dengan lidah mertua, wujud daunnya lumayan unik untuk sebabkan tanaman ini masuk didalam daftar tanaman hias.

Ciri-ciri daunnya kaku dan tumbuh ke atas, tidak ke samping. Warna daunnya adalah gabungan warna pada hijau muda dengan hijau tua atau putih kekuningan dengan hijau. Tak sebagai tanaman hias saja, ada kelebihan yang dimiliki lidah mertua.

Lidah mertua terhitung sanggup tumbuh secara liar, biasanya ditemui di pedesaan dengan lereng. Karenanya, tanaman ini terhitung memiliki akar yang kuat supaya sanggup mencegah dari longsor.

Tak hanya itu saja, daun dari tanaman lidah mertua terhitung dinilai sanggup menyerap racun dan polusi. Mungkin sementara melihatnya segera kamu kurang percaya karena daunnya berupa keras.

6. Puring

Tanaman sesudah itu adalah puring yang telah banyak dikenal orang. Sama layaknya keliru satu tanaman sebelumnya, tadinya puring uga dianggap sebagai tanaman yang tak berharga. Baru lebih dari satu sementara sesudah itu jadi banyak yang menyukainya.

Uniknya dari tanaman puring ini adalah pada daunnya. Ada puring yang dibiarkan tumbuh besar, terhitung ada yang dibiarkan kecil saja. Warna daunnya bermacam-macam, jadi dari hijau, merah, orange, ungu, kuning, dan lainnya.

Jenis dari puring sendiri terhitung ada banyak. Masing-masing style memiliki beberapa ciri yang berbeda. Jenis-jenisnya pada lain puring asmara jingga, arjuna, logam, anting raja, oscar, red apple, dan tetap banyak lagi.

7. Sri Rejeki

Sri rejeki atau aglaonema adalah tanaman yang memerlukan kondisi lembab supaya sanggup hidup dengan indah. Mayoritas warna daunnya adalah merah, bukan hijau. Tak sekedar warna saja yang sebabkan tanaman ini indah dan sempat mahal harganya.

Keunikan dari tanaman sri rejeki adalah daunnya yang memiliki motif. Warna daunnya memang didominasi merah, tapi diantaranya ada corak layaknya urat berwarna keabuan.

Sri rejeki dijanjikan sebagai tanaman yang tidak memerlukan perawatan lebih, tapi kalau lingkungannya keliru bisa-bisa cepat mati. Tanaman ini tak sanggup hidup kalau lingkungannya terlampau panas. Tanah terhitung perlu agak lembab.

8. Gelombang Cinta

Gelombang cinta tetap satu genus dengan kuping gajah, walaupun kelihatannya dua-duanya memiliki wujud yang berbeda secara signifikan. Keduanya tetap serupa didalam satu genus Anthurium.

Gelombang cinta sempat kondang lebih dari satu th. yang lalu yang mana sebabkan harganya terlampau tinggi. sampai saat ini pun tetap ada lebih dari satu tanaman gelombang cinta yang dijual dengan harga tinggi.

Warna daunnya hijau tua, berupa memanjang dengan hiasan bergelombang di sisi-sisinya. Tanaman ini sanggup dibentuk dan dirawat didalam ukuran kecil saja, terhitung boleh dirawat sampai besar. Bisa sesuka hati yang merawatnya.

9. Philodendron Monstera

Tak ketinggalan di tanaman instagrammable philodendron monstera. Sebenarnya ada banyak spesies tanaman yang masuk didalam genus philodendron, hanya saja spesies monstera lah yang sementara ini sedang ngetrend.

Sayangnya tanaman monstera yang sementara ini ngetrend bukan didalam wujud tanaman asli, melainkan sebagai hiasan, gambar, artifisial, atau lainnya. Kamu sendiri pasti terhitung telah kerap melihat daun tanaman ini di mana-mana.

Uniknya tanaman monstera adalah karena daunnya. Daunnya berwarna hijau tua tapi ada motif sobek-sobek rapi di sekeliling daunnya. Jika kamu dambakan memelihara tanaman ini didalam wujud tanaman asli boleh-boleh saja.

Malahan kamu sanggup hiasi rumah atau ruangan sekaligus. Sebab, memang perpaduan natar tanaman monstera dengan pot berwarna putih sedang banyak dipilih orang untuk hiasi ruangan.

10. Palem Hias

Saat pergi ke suatu area kemungkinan kamu mengagumi tanaman palem. Kini kamu telah sanggup memelihara dan memiliki palem hias di rumah, baik secara indoor atau outdoor.

Tanpa perlu dijelaskan, tentunya kamu telah jelas bagaimana beberapa ciri palem. Dengan terdapatnya palem hias kamu sanggup memiliki pohon palem versi kecil atau versi di didalam pot. Daun yang tumbuh layaknya daun pohon kelapa, tapi kecil-kecil.

Untuk memelihara palem hias terhitung serupa sekali tidak ribet. Malahan, kamu tidak perlu lakukan pemupukan untuk membuatnya sanggup hidup. Kamu hanya perlu rajin menyiraminya saja.

11. Sirih Gading

Ada kelebihan dari tanaman hias daun sirih gading yang belum pasti dimiliki tanaman lain. Sirih gading tak hanya ada sebagai tanaman yang cantik, tapi terhitung sebagai tanaman yang kemampuan adaptasinya lebih hebat.

Baik di lingkungan panas, kering, lembab, basah, atau didalam ruangan ber AC, sirih gading bakal selalu hidup. Daunnya kadang kala berwarna hijau tua, kadang kala hijau muda.

Tanaman ini tumbuh dengan langkah merambat. Karenanya, kamu perlu rajin untuk merawatnya. Bisa dengan rajin memangkas anggota yang tidak diinginkan, atau menata perkembangan batang dan daunnya supaya lebih sedap dipandang.

12. Wali Songo

Selanjutnya ada tanaman hias daun walisongo yang bakal membuatmu takjub dengan ciri-cirinya. Tanaman ini hidup bukan sebagai pohon, melainkan sebagai perdu. Warna daunnya hijau dan putih gading.

Nama lain dari tanaman wali songo adalah schefflera, sanggup dirawat di didalam ruangan sanggup terhitung di luar ruangan atau outdoor. Selain jadi tanaman yang berestetika, tanaman ini siap memberi tambahan fungsi lain.

Fungsi lain yang sanggup kau sanggup dari tanaman ini adalah sanggup menyerap kandungan polusi udara. Sangat cocok untuk halaman rumah kamu yang terletak di perkotaan atau tepi jalan ramai. Cara merawatnya terhitung biasa saja, perlu disirami saja.

13. Pucuk Merah

Pucuk merah tak boleh ketinggalan didalam daftar tanaman hias daun kali ini. apakah kamu telah jelas layaknya apakah tanaman pucuk merah? Bentuknya serupa layaknya tanaman pada umumnya, hanya saja daun anggota bawah hijau di atas warna merah.

Ketidaksamaan warna daun di anggota atas dahan dengan anggota bawah ini justru jadi daya tarik. Kamu sanggup memelihara pohon ini kecil-kecilan saja, terhitung sanggup merawatnya sampai besar supaya sanggup jadi semak penghias pagar.

Untuk memelihara pucuk merah serupa sekali tidak ribet. Setelah membelinya didalam wujud bibit, kamu hanya perlu memindahkannya ke lahan, memberi pupuk satu kali saja, dan menyiramnya dengan rajin.

Jangan sampai pucuk merah lupa untuk disirami. Sebab kalau cuaca panas dan tidak disirami tanaman ini bakal mati diawali dengan daun yang mengering.

14. Lili Paris

Lili paris adalah tanaman hias yang terlampau cocok untuk kamu yang memiliki taman kecil. Lahan kecil sisa bangunan rumah sanggup kamu maksimalkan fungsinya untuk memberi kebugaran dengan menanam lebih dari satu lili paris.

Lili paris sendiri memang merupakan tanaman hias yang berukuran kecil. Namun dengan terdapatnya lebih dari satu tanaman ini di taman kamu, kesannya bakal segera berbeda dan signifikan.

Daun dari lili paris berupa memanjang dengan perpaduan warna. Di segi luar warnanya hijau, tetapi di anggota didalam warnanya putih, kadang sanggup kuning. Kamu sanggup menanamnya di bawah, sanggup terhitung dengan menggantungnya.

15. Spider Plant

Selanjutnya ada spider obat yang bentuknya serupa layaknya lili paris. Namun pada keduanya selalu saja ada perbedaan, yang mana justru sanggup kamu jadikan pertimbangan sementara memilih.

Daun spider plant lebih besar ukurannya dibanding lili paris, tapi bentuknya serupa yaitu memanjang. Daun dari spider plant hanya satu warna saja, yaitu warna hijau. Spider plant cocok jadi tanaman hias outdoor maupun indoor.

Jika di didalam ruangan maka cocok di letakkan di dekat jendela, tetapi kalau di luar ruangan cocok untuk di letakkan di segi pohon yang besar. Tanaman spider plant adalah tanaman asli Afrika, perawatannya tak memerlukan banyak air.

16. Tanduk Rusa

Tanaman hias daun sesudah itu yang sanggup kamu memilih tak lain adalah tanduk rusa. Tanduk rusa jelas masuk didalam daftar ini, karena memang memiliki wujud daun yang unik. Daunnya berupa layaknya tanduk rusa, tapi tak sekeras tanduk rusa.

Daunnya berwarna hijau muda segar, terlampau sanggup menghidupkan taman di rumah kamu. Cara menanamnya adalah dengan menggantung sebenarnya, walaupun lebih dari satu ada yang menaruhnya di bawah.

Untuk menggantungnya kamu sanggup menempelkannya di pohon lain yang lebih besar atau menempelkannya di dinding taman. Jangan sampai tanduk rusa terkena segera paparan matahari, karena dia bakal cepat mati.

17. Daun Dolar

Daun dolar adalah tanaman hias yang memiliki keunikan pada daunnya. Daunnya kecil-kecil, tebal, tapi terlampau mengkilap dan warnanya hijau cerah. Karena karakteristik ini daun dari daun dollar terlihat layaknya daun palsu.

Kamu yang suka tanaman yang unik-unik perlu memilih daun dollar untuk hiasi teras rumah kamu. Sebab memang daun dollar biasa di letakkan di teras rumah. Tidak ada unsur mata duit dollar di tanaman ini, tapi pasti kamu bakal suka.

Ada keyakinan yang tersebar bahwa tanaman daun dollar sanggup menimbulkan keberuntungan pada rumah yang merawatnya. Terlepas kamu percaya atau tidak, yang jelas daun dollar bukan tanaman sembarang supaya direkomendasikan.

18. Begonia

Begonia masuk didalam daftar tanaman hias berbunga, tapi terhitung masuk didalam daftar tanaman hias daun kali ini. uniknya begonia tak hanya terletak pada bunganya saja, melainkan terhitung pada daunnya.

Ukuran daun dari tanaman ini tidak besar-besar, tapi terhitung tidak kecil. Warnanya terlampau cantik, malahan tidak layaknya daun asli. Daun dari tanaman begonia adalah perpaduan banyak warna sekaligus sepert pink muda, pink tua, ungu muda, ungu tua.

Perpaduan lebih dari satu warna sekaligus pada daunnya membentuk pola yang lumayan simetris, supaya pada satu daun dengan daun lainnya selalu terlihat sama. Begonia terhitung terlampau cocok untuk kamu yang jemu dengan tanaman berwarna hijau.

19. Calathea

Tak ketinggalan calathea masuk didalam daftar tanaman hias daun kali ini. Calathea adalah tanaman dengan motif daun unik selanjutnya. Daunnya berupa besar-besar meski secara lazim ukuran tanamannya adalah kecil.

Daunnya terkesan memiliki warna dasar hijau, dan ada garis-garis atau urat-urat berwarna putih kekuningan di atasnya. Karena warnanya yang unik ini lumayan banyak orang meminati tanaman ini.

Itu adalah beberapa ciri calathea pada umumnya, karena calathea ada banyak jenisnya. Tanaman yang berasal dari Amerika ini ada yang memilii daun layaknya mangkuk, ada yang daunnya polos tidak ada motifnya, dan tetap banyak ulang style lainnya.

20. Hanjuang

Hanjuang didalam bahasa Jawa disebut sebagai tanaman andong. Tanaman ini paling cocok kalau ditanam di lahan atau taman yang luas meski begitu, tak menutup kemungkinan selalu boleh-boleh saja ditanam pada taman yang sempit.

Bukan sebagai pohon, hanjuang hidup sebagai perdu yang selalu sanggup tumbuh jadi besar dan memakan tempat. Keunikan lainnya terletak pada ciri-cirinya. Di anggota atas daunnya berwarna hijau tua, tetapi di anggota bawah warnanya merah tua.

Hanjuang terhitung tanaman yang mudah untuk dirawat. Kamu tak memerlukan pemupukan untuk membuatnya terus hidup. Yang hanya kamu perlukan adalah memastikannya tidak mengering. Bisa dengan menyiram sementara terkesan kering saja.

Kamu telah jelas apa saja style tanaman hias daun dan ciri-cirinya masing-masing. Pastinya saat ini kamu telah jelas mana yang paling kamu suka dan bakal dirawat di taman rumah kamu. Pastikan kamu merawatnya cocok dengan anjurannya.

Untuk memiliki tanaman hias memang sebuah effort. Mencarinya kemungkinan agak sulit, merawatnya pun agak ribet dibanding tanaman biasa. Namun hasilnya, kamu sanggup nikmati visualnya dan mendapatkan fungsi lain yang diberikannya.


log in

reset password

Back to
log in